oleh

Polres Palu Latihan Patroli Siber

SULTENG RAYA – Jelang pilkada 2020, personil Polres Palu melakukan pelatihan patroli siber di aula Rupatama Mapolres setempat, Rabu (12/8/2020).

Pelatihan itu, dilakukan untuk mengcounter berita-berita negatif jelang pelaksanaan pilkada yang dapat memicu timbulnya gangguan kamtibmas.

Kumala Digifest

Kapolres Palu, AKBP H. Moch Sholeh mengatakan, sekarang ini semua pemberitaan berkiblat pada trending topik yang mana dapat menggiring opini publik.

“Bilamana terdapat pemberitaan ataupun konten yang sifatnya dapat memecah belah dan keresahan di tengah masyarakat. Oleh karenanya, diperlukan upaya-upaya untuk mengcounter terhadap pemberitaan negatif tersebut. Inilah pentingnya peran humas dan cyber patrol, salah satunya yaitu untuk mendeteksi keberadaan konten/berita negatif yang dinilai dapat memecah belah atau menimbulkan keresahan,” kata Kapolres, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga :   Jam Kerja Petugas Taman DLH Kembali Nomal

Lanjut Kapolres Sholeh, tahun ini merupakan tahun politik yang mana kita akan menghadapi Pilkada serentak di Provinsi Sulawesi Tengah. Berbagai kerawanan bisa muncul menjelang Pilkada, salah satunya melalui dunia maya (Medsos) yang dapat menimbulkan terjadinya konflik, sehingga diperlukan patroli siber.

“Maksimalkan patroli siber sebagai upaya kita untuk mengantisipasi potensi kerawanan menjelang Pilkada, agar situasi kamtibmas tetap kondusif,” tuturnya.

Menurut Kapolres, secara umum peran humas melalui cyber patrol sangatlah penting dalam mengcounter berita negatif yang ada di dunia maya. Sehingga, dapat menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Maka dari itu, Kapolres mengajak agar anggota yang terlibat pelatihan Patroli siber memanfaatkan waktu pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari untuk menyerap ilmu yang diberikan pelatih/narasumber sebagai bekal tugas di wilayah masing-masing. */YAT

Komentar

News Feed