oleh

KPU Tolak Melayani Bimtek Balon Tanpa APD

SULTENG RAYA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Agussalim Wahid, menjelaskan, dalam waktu dekat, KPU Kota Palu intens melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan pelayanan pencalonan pemilihan serentak 2020.

Agussalim menegaskan, KPU tidak akan melayani jika bakal calon (balon) tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), minimal masker.

“Insyaallah dalam waktu dekat KPU Kota Palu sudah akan intens melakukan bimtek dan pelayanan. Sehingga pimpinan partai politik bisa datang untuk berkonsultasi tentunya dengan menggunakan standar kesehatan. Jadi, mohon maaf bagi yang datang tidak menggunakan APD minimal masker kami tidak bisa melayani,” ujar Agussalim saat sosialisasi produk hukum Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 tahun 2020 beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Polisi Amankan Tiga Pengendara Saat Razia

Ia menjelaskan, bagi pihak melanggar tidak melaksanakan protokol kesehatan, maka KPU, PPK atau PPS akan melakukan peneguran sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2020.

Apabila ditegur, namun tidak juga melaksanakan protokol kesehatan, maka KPU Kota Palu, PPK dan PPS akan berkoordinasi dengan Bawaslu. Lalu Bawaslu, Panwas kecamatan atau PKD yang akan mengenakan sanksi kepada bersangkutan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya, kata dia, kegiatan bersifat penyampaian berkas serta perlengkapan fisik harus dipastikan aman dari virus corona. Hal itu sebagaimana terdapat dalam PKPU Nomor 6 tahun 2020 terkait penyelenggaraan pemilihan gubernur, wakil gubernur, wali kota dan wakil wali kota tahun 2020.

“Berkas harus dibungkus menggunakan bahan tahan zat cair yakni plastik, lalu disemprot disinfektan agar pada saat diserahkan ke KPU Kota Palu dipastikan sudah aman dari virus corona.  Lalu para petugas penerima berkas harus menggunakan masker dan sarung tangan sekali pakai,” tuturnya. NDY

Komentar

News Feed