oleh

Industri Pengolahan Sumbang Pajak Terbesar di Sulteng

SULTENG RAYA – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palu menyebutkan, sektor industri pengolahan merupakan salah satu sektor raksasa memberikan incone pajak terbesar di Sulteng.

Kepala KPP Pratama Palu, Ranto Napitupulu, mengatakan, total sumbangan pajak sektor industri pengolahan per semester I 2020 sebesar Rp263,887miliar lebih atau 23,43 persen dari total realisasi pajak semester I sebesar Rp1,126 triliun lebih.

“Namun hal ini dikarenakan pandemi, tumbuh minus (-65,20 persen). Artinya, masih lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya.

Sementara itu, untuk sektor lain penyumbang terbesar kedua yakni sektor perdagangan besar sebesar Rp233,636 miliar lebih dengan presentase sebanyak 20,47 dari 100 persen realisasi.

“Kemudian ada yang ketiga penyumbang yakni sektor administrasi pemerintahan yakni sebesar Rp174 miliar lebih dengan presentase sebanyak 15,47 persen,” jelasnya.

Baca Juga :   Pencuri Barang Elektronik di Palu Ditangkap di Toili

Pada sektor lain, kata dia, penyumbang pajak di Sulteng yakni sektor jasa keuangan sebesar Rp137 miliar lebih atau 12,19 persen. Kemudian, sektor konstruksi sumbangsi pajak sebesar Rp110 miliar lebih atau sebesar 9,83 persen.

“Sementara sisanya terkategori sektor lainnya yang memiliki sumbangsih sebesar Rp206 miliar lebih dengan presentase sumbangsi sebesar 18,34 persen. Kita harus sadar untuk tetap taat membayar pajak, karena pajak sendiri akan kembali ke kita dalam bentuk pembangunan,” tutupnya. RHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed