oleh

Bupati Donggala Terima Tim Mabes Polri

SULTENG RAYA – Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra  Mohamad Yusuf, beserta Pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD ) menerima kunjunganTim Pusat Penelitian dan Pengembangan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri),  yang dipimpin oleh Kasubbid SDM Bidgasbin, AKBP Wadi, di ruang kerja Bupati, Selasa (11/08/2020).

Kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Mabes Polri terkait dengan evaluasi penugasan anggota Polri di luar struktur organisasi kepolisian dalam mewujudkan SDM Polri yang unggul di Wilayah Propinsi Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten  Donggala.

Dalam sambutannya, Kasubbid SDM Bidgasbin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Donggala yang telah menyambut dengan hangat kedatangan tim dari Mabes Polri di Kabupaten Donggala.

Sebelumnya, Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan juga telah melakukan pertemuan bersama Kapolda Sulteng, untuk meminta salah satu daerah yang ada di Sulteng yang bisa dijadikan sebagai sampel dan ternyata dari Kapolda Sulteng merekomendasikan daerah yang akan dijadikan sampel adalah Donggala.

Baca Juga :   Donggala Turun Jadi Zona Orange Covid-19

“Alhamdulillah kami sangat senang karena bisa bertemu kembali dengan saudara yang ada di Donggala,” ujarnya.

Terkait dengan tujuan pengambilan sampel yaitu pertama untuk pemetaan, karena Polisi banyak diminta oleh kementerian dan lembaga termasuk Departemen, BUMN, Perusahan-perusahan yang kategori pemerintah BUMD.

Untuk itu Mabes Polri melakukan penelitian, salah satunya dalam rangka pemetaan tentang seberapa besar kepuasan instansi pengguna dari Anggota polisi yang dikirim atau ditempatkan di Institusi di luar Kepolisian.

“Kedua yaitu tim pusat Penelitian dan Pengembangan juga ingin mengetahui seberapa besar tingkat kinerja dari Anggota Polisi yang  ditempatkan di Instansi atau lembaga, Karena anggota Polisi yang ditempatkan bukan saja ada dalam negeri tetapi juga luar Negeri, ”terangnya.

Baca Juga :   Kades Lalundu: Sukseskan Pilkada dan Patuhi Prokes Covid-19

“Anggota Polisi banyak jabatannya sebagai Ajudan, baik Gubernur maupun Bupati. Tetapi karena amanat dari tujuan penelitian walaupun Polisi posisinya tidak menjabat struktural di dalam pemerintahan daerah,  tetapi kami ingin melihat respon pengguna seperti apa,”katanya.

Untuk itu, anggota Polisi yang bertugas di Pemda akan dinilai oleh BKD, apakah Polisi yang ditempatkan sudah sesuai dengan harapan atau tidak karena ada resisten dari kementerian.

Diakhir sambutannya, AKBP Wadi meminta kepada Bupati agar diberi kesempatan untuk berdiskusi dengan kepala BKPSDM Donggala terkait dengan penempatan Anggota Polisi sebagai Ajudan dan juga nantinya akan mengundang dan berdiskusi dengan salah seorang Ajudan

“Ini dilakukan terkait apakah ada keluhan selama ditempatkan di Pemda sebagai Ajudan atau malah sebaliknya dan ini juga dilakukan ke depan  untuk mengevaluasi kebijakan penempatan di luar struktur Kepolisian biar lebih tepat  penempatannya,” tuturnya.

Baca Juga :   Bupati Donggala Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir

Sementara itu, Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim pusat penelitian dan pengembangan Mabes Polri di Donggala. Terkait anggota Polri yang bertugas di Pemda Donggala Bupati mengatakan ada tiga orang, ketiganya sebagai Ajudan Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas, ketiga ajudan tersebut sangat setia mengawal dan menjalankan tugas yang diberikan, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang kepolisian.

Sebelum menutup sambutannya,  Bupati mengatakan bahwa di dalam  melaksanakan tugas Pemda beserta jajarannya selalu kompak dan bekerja sama.*/ADK

Komentar

News Feed