oleh

Seluruh OPD di Morut Bakal Terkoneksi Internet

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali Utara (Morut) bersama PT Telkom Indonesia, bakal melakukan kerjasama guna peningkatan akses internet bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Morut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Morowali Utara, Ivan Mareoli, Senin (10/8/2020) mengatakan, Pemda akan melakukan penandatangan MoU dengan PT TeIkom Indonesia guna peningkatan akses internet bagi kantor pemerintah daerah setempat.

Ia mengatakan, sejak awal tahun 2020 semenjak kabel fiber optik menjangkau daerah setempat, belum semua kantor-kantor pemerintah dapat mengakses internet yang memadai, fasilitas internet hanya bisa melayani kantor Bupati dengan layanan terbatas.

“Dengan terjalinnya kerjasama antara Pemkab Morowali Utara dengan PT Telkom Indonesia maka seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat yang berjumlah 35 kantor akan dapat mengakses internet demi maksimalnya kerja-kerja pemerintah yang berbasis IT,” katanya.

Baca Juga :   Oknum Anggota DPRD Morowali Jadi Tersangka Narkoba

Ivan mengatakan, semenjak pandemi virus Covid-19 melanda Indonesia, seluruh kegiatan tatap muka terkait layanan pemerintah telah ditiadakan untuk menghindari penyebaran virus tersebut, pemerintah kemudian mengalihkan kegiatan tatap muka ini dengan video teleconference (Vidcon).

Kegiatan Vidcon itu, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung yang dihubungkan dengan sistem telekomunikasi berupa internet. Dengan terbatasnya akses internet, maka sejumlah agenda pemerintah yang bergantung pada jaringan elektonik ini sulit terlaksana.

“Perangkat kita yang tersedia hanya satu unit, sementara jadwal Vikon antara Pemkab dengan pemerintah pusat cukup padat, kadang jadwalnya bertabrakan, sehingga kegiatan salah satu diantaranya tidak bisa kita ikuti,” ujarnya.

Ia menambahkan, solusi terbaik untuk mengatasi terbatasnya akses internet ini adalah menjalin kerjasama dengan penyedia layanan tersebut dalam hal ini PT Telkom Indonesia. “Kita rencanakan akan terjalin MoU, pada tahun 2021 mendatang seluruh OPD sudah bisa mengakses internet,” jelasnya. VAN

Baca Juga :   KPU Morut Gelar Debat Publik Putaran Pertama

Komentar

News Feed