oleh

BKSDA Sulteng Aksi Bersih Sampah dan Lepas Hewan Endemik

SULTENG RAYA – Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) setiap 10 Agustus, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulteng menyelenggarakan aksi bersih sampah di kawasan konservasi dan melakukan pelepasan hewan endemik elang berontok (Nisaetus Cirrhatus) di Taman Wisata Alam Wera, Kabupaten Sigi, Senin (10/8/2020).

Kepala BKSDA Sulteng, Hasmuni Hamsar mengatakan aksi bersih sampah itu terintegrasi dibeberapa kawasan konservasi di Sulteng secara serentak seperti , Taman Wisata Alam Wera,  Taman Wisata Alam Bancea, Suaka Margasatwa Lombuyan, Suaka Margasatwa Pinjan Tanjung Matop, Cagar Alam Tinombala dan Taman Buru Landusa Tomata.

Dikatakannya, kegiatan tersebut melibatkan unsur pemerintah daerah setempat, seperti tokoh masyarakat, LSM, Putri Pariwisata Cilik Sulawesi Tengah,Mahasiswa dan pelajar di sekitar kawasan konservasi tersebut.

Baca Juga :   Hidayat Lamakarate Akui Warga Transmigran Berperan dalam Pembangunan di Sulteng

“Sekitar 2 ton sampah dihasilkan di seluruh kawasan aksi, yang kemudian diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup setempat,” katanya kepada Sulteng Raya, Senin (10/8/2020).

Disamping itu, pada sesi juga diadakan pelepasliaran satwa dilindungi hasil penyerahan dari masyarakat yakni elang brontok yang disaksikan peserta aksi bersih sampah dan cinta kawasan konservasi.

Hal itu juga sebagai wujud kampanye BKSDA Sulteng meningkatkan kesadaran  masyarakat betapa pentingnya konservasi untuk keberlanjutan hidup manusia, satwa dan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“Kami juga menyerahkan sertifikat kepada Putri Pariwisata Cilik Propinsi Sulawesi Tengah atas peran serta dalam kegiatan peringatan hari konservasi alam nasional Tahun 2020 dengan ikut aksi bersih sampah dan cinta kawasan konservasi,” tuturnya.

Baca Juga :   Sumpah Pemuda Sebagai Refleksi untuk Jadi Lebih Baik

Kemudian, kata Hasmuni, pada 13 Agustus 2020 mendatang direncanakan akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan HKAN dengan kegiatan pemberian bantuan kepada kelompok masyarakat binaan dan sekaligus pembelian Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), penanaman bibit pohon Bersama dengan Bupati Kabupaten Poso yang di adakan di Taman Wisata Alam Bancea Kabupaten Poso. RHT

Komentar

News Feed