oleh

Masyarakat Diminta Manfaatkan Lahan Tidur

SULTENG RAYA – Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Syafiah mengajak masyarakat mempersiapkan diri untuk menyambut wacana pemindahan ibu kota Indonesia di Kabupaten Panajam, dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan tidur untuk menanam berbagai jenis tanaman pangan.

“Saya melihat khususnya di Kecamatan Balaesang, masih banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan masyarakat. Saya berharap dari wacana pemindahan ibu kota di Kabupaten Panajam. Tentunya kota Palu dan Kabupaten Donggala sebagai kabupaten penyanggah untuk memenuhi kebutuhan sandang pangan di ibu kota baru,” tuturnya, Ahad (9/8/2020).

Dari informasi yang diterimanya, ada sekitar 1,5 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dipindahkan ke ibu kota baru nantinya. Hal ini merupakan peluang bagi masyarakat Donggala agar bisa menjadi penyuplai pangan.

Baca Juga :   Bupati Donggala Bahas Rehab Rekon Bersama Wakil Menteri PUPR

“Saya berharap, dengan Donggala dijadikan sebagai salah satu penyandang ibu kota baru nantinya, infrastruktur pelabuhan di Kecamatan Balaesang bisa segera dibangun. Sehingga, masyarakat bisa menjual langsung hasil tanamannya di ibu kota baru melalui jalur laut,” terangnya.

Menurut Syafiah,  gerakan ayo menanam ini harus dimasifkan, terlebih lagi di tengah pandemi Covid -19. Saat ini saja kata dia, Pemerintah Kabupaten Donggala sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan, terkait pemenuhan kebutuhan hyewan sapi, beras dan sayur mayur untuk Kota Balikpapan.

Namun kata dia, Pemerintah Kabupaten Donggala masih belum mampu memenuhi permintaan tersebut. “Pemerintah Kota Balikpapan memintakan 40 ekor sapi Donggala setiap minggunya harus dikirim ke Kota Balikpapan, begitupun dengan sayur dan beras,” ucapnya.

Baca Juga :   Polisi Ajak Masyarakat Cegah Radikalisme

Dirinya berharap, gerakan ayo menanam ini dapat mendorong kesadaran masyarakat untuk meningkatkan produktivitas ketersediaan pangan, untuk menyelamatkan perekonomian masyarakat. Apalagi kata dia, sebagain besar penduduk Kabupaten Donggala memang memiliki profesi sebagai petani. ADK

Komentar

News Feed