oleh

Rektor Dorong Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian dan Pengabdian

SULTENG RAYA- Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM, mendorong setiap mahasiswa yang ada di kampus biru ini turun melakukan penelitian dan pengabdian, paling tidak ikut terlibat dalam penelitian dan pengabdian dosen.

Bagi rektor, tidak cukup jika mahasiswa hanya menghabiskan waktu di dalam kampus, karena pengembangan diri  tidak harus dilakukan di dalam kampus, namun juga bisa dilakukan di luar kampus, seperti penelitian dan pengabdian, terlebih pemerintah menyediakan banyak anggaran untuk penelitian dan pengabdian.

“Kalau ingin unggul, harus semua bisa melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pengajaran, Penelitian, Pengabdian, dan memahami dan mengamalkan Alislam Kemuhammadiyaan,”kata rektor belum lama ini.

Baca Juga :   SPENSA Bantu Peserta didik yang Terkena Musibah

Jika semua itu kata rektor, bisa berjalan dengan baik, maka visi menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Berwawasan Islam Pada Tahun 2025, bisa terialisasi atau terwujud.

Saat ini katanya, untuk dosen sudah mulai menggelait melakukan penelitian, dan itu bisa dilihat dari jurnal-jurnal dosen yang termuat di Sinta, maupun jurnal yang bereputasi internasional, yang masih kurang terlihat adalah upaya dari mahasiswa.

Padahal kata rektor, pemerintah telah menyediakan anggaran yang tidak sedikit, sangat disayangkan jika ini disia-siakan oleh mahasiswa. “Bukan hanya penelitian dan pengabdian untuk dosen yang disediakan oleh negara, untuk mahasiswa juga ada disediakan oleh negara, tinggal bagaimana memanfaatkan kesempatan yang ada,”jelas rektor.

Baca Juga :   FAI Unismuh Palu, Susun Kurikulum MBKM Lewat Lokakarya

Untuk itu kata rektor, sangat diharapkan kepada lembaga yang membidani penelitian dan pengabdian, terus memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk memanfaatkan peluang-peluang yang disediakan oleh negara untuk pengembangan diri mahasiswa.

“Olehnya, teman-teman jangan berhenti memberikan motivasi kepada mahasiswa kita, karena terkadang mereka itu (para mahasiswa) hanya butuh motivasi untuk begerak,”harap rektor. ENG

Komentar

News Feed