oleh

Sigi Harus Jadi Sentra Pengembangan Bawang Putih

SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus mendorong Kabupaten Sigi sebagai pusat pengembangan bawang putih di Sulteng.

Hal itu dilatarbelakangi potensi pertanian yang sangat menjanjikan serta dibuktikan keberhasilan panen perdana bawang putih di Kecamatan Marawola Barat.

Mengingat potensi itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate, memandang Pemerintah Kabupaten Sigi perlu menetapkan kawasan tersebut sebagai pusat pengembangan komoditi bawang putih.

“Saya lihat hasil panen bawang putih di sini cukup berkualitas dan bisa dikembangkan,” jelasnya saat menghadiri panen perdana bawang putih di Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi, Selasa  (04/08/20).

Guna mewujudkan hal itu, pemerintah setempat perlu mengupayakan agar bawang putih dapat menjadi komoditi unggulan. Sehingga, Kabupaten Sigi dapat menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia selain Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga :   Pelanggar Prokes di Sigi Bakal Dikenakan Denda

Di samping itu, Pemerintah Provinsi Sulteng juga membantu mendorong agar bawang putih dari wilayah tersebut dapat dikembangkan hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Sehingga tidak lagi kesulitan mengisi stok bawang putih, khususnya di Sulteng.

Sedangkan untuk para kelompok tani, Hidayat mendorong dapat mandiri dalam mengelola pertanian meski tanpa pendampingan penyuluh pertanian dan bantuan stimulus pemerintah lagi. Karena saat ini kelompok tani masih diberikan stimulus berupa, bibit dan pupuk.

“Jika ini bisa dilakukan, maka pemerintah Kabupaten Sigi  harus menetapkan kawasan ini sebagai kawasan pengembangan bawang putih,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sigi, Mulyadi Hoase mengatakan pihaknya saat ini sedang menjalankan program pengembangan bawang putih di wilayahnya dengan total luas lahan 100 ha.

Baca Juga :   Sulteng Catat 1.905 Kasus HIV Hingga 2020

“Total program pengembangan bawang putih adalah 100 ha dalam bentuk benih meliputi Kecamatan Marawola Barat di Desa Lewara, Dombu dan Soi,” ujarnya. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed