oleh

Khatib Ajak Jamaah Tetap Jaga Kebersamaan

SULTENG RAYA – Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada Jumat (31/07/20), Pemerintah telah memutuskan untuk memperbolehkan penyelengaraan Salat Idul Adha secara berjamaah.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola beserta jajaran Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Sulteng menggelar salat berjamaah di Masjid Al Mujahidin Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (31/7/2020).

Demi mencegah penularan covid-19, para jamaah menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak antara jemah satu denga yang lain.

Selain protokol kesehatan, hal itu juga dilakukan sesuai ketentuan Surat Edaran Menteri Agama Surat Edaran Menteri Agama nomor 18 tahun 2020 tentang penyelenggaraan shalat idul adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 H/2020 M menuju masyarakat produktif dan aman covid-19.

Dalam kesempatan itu, KH Abdul Haris Lc menjadi khatib dan menjagak kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan selama masa pandemi.

“Saya mengajak jemaah dan masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan dan persatuan,” katanya.

Apalagi, Sulteng akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, tentunya kebersamaan dan persatuan sangat penting untuk di jaga. KH Abdul Haris menilai dua hal tersebut dapat mempermudah perkara-perkara yang sulit.

“Karena menjaga  kebersamaan dan persatuan dapat mempermudah perkara-perkara yang sulit,” ucapnya.

Mengenai ibadah kurban, Khatib juga menyampaikan telah mengajarkan tentang kesabaran dan ketaatan kepada Allah SWT, sebagai mana Nabi Ibrahim AS diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anaknya bernama Ismal AS. Peristiwa itu merupakan ujian dari Allah untuk menguji kesabaran dan ketaatan.

“Kisah Nabi Ibrahim mengajarkan kepada kita semua tentang kesabaran dan ketaatan kepada Allat SWT,” jelasnya.

Salat Idul Adha tahun ini berlangsung khidmah dan penuh haru. Meskipun di masa pandemi, tidak melunturkan semangat jajaran Setdaprov Sulteng untuk tetap melaksanakan salat berjamaah.  Dalam salat Idul Adha kali ini, Gubernur Longki mengajak serta keluarga dan beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Sulteng hadir berbaur bersama warga sekitar untuk menunaikan Salat Idul Adha.  RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed