oleh

Ratusan Petani di Sigi Terima Alat Pertanian Hidroponik

SULTENG RAYA – Ratusan kepala keluarga petani korban bencana di empat desa Kabupaten Sigi, menerima bantuan alat pertanian hidroponik.

Bantuan tersebut berasal dari Dompet Dhuafa dan Yayasan Care Peduli yang diserahkan kepada 160 kepala keluarga di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (29/07/20). 

Project Manager Program Livelihood, Sidiq mengatakan, ratusan penerima bantuan merupakan petani yang kehilangan tanah ataupun lahan pertaniannya. Ratusan petani itu, tersebar di desa Lolu, Pombewe, Kaombona dan Loru.

“Bantuan ini merupakan bagian dari program Livelihood yang dimulai sejak awal Februari 2020. Namun sempat terhenti karena adanya Wabah Covid-19,” jelasnya.

Tidak hanya pemberian bantuan alat, para petani juga mendapat bimbingan mulai pengelolaan tanaman hidropinik hingga manajemen pemasaran hasil panen. Dengan begitu, hasil penjualan dari tanaman tersebut dapat segera dirasakan para petani.

Sementara itu, General Manager Care Peduli, Butu menjelaskan pihaknya fokus pada penanggulangan bencana 28 September 2018 lalu yang dimulai sejak tanggap darurat bencana beberapa tahun lalu hingga saat ini.

“Sedangkan bantuan alat pertanian hidroponik ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa yang bertujuan untuk dapat membantu memulihkan mata pencarian warga yang terdampak bencana,” jelasnya.

Atas bantuan tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa membantu perekonomian keluarga.

“Bantuan peralatan dan pelatihan yang telah diberikan ini dapat dimanfaatkan dan bisa membantu perekonomian keluarga,” harapnya.

Selain melakukan penanaman, tentunya para petani harus tetap menjaga kualitas panen tanaman hidroponik dan sesuaikan kebutuhan pasar. Sehingga tanaman yang sudah dipanen bisa segera habis terjual. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed