oleh

Realisasi APBN Empat Daerah di Sulteng Baru 34 Persen

SULTENG RAYA – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palu mencatat, belanja pemerintah di empat daerah di Sulteng yakni Kota Palu, Parigi Moutong, Donggala, Sigi dan Pemangku Anggaran lainnya di empat wilayah itu pada semester I 2020, baru merealisasikan sebanyak 34 persen dari total pagu dialokasikan.

“Dari Rp7.768,5 miliar, empat daerah yang menjadi wilayah kerja kami baru merealisasikan Rp2.657 miliar atau 34 persen dari pagu,” kata Kepala KPPN Palu, Abdul Yusuf, Rabu (29/7/2020).

Ia merincikan, beberapa kategori belanja telah terealisasi tersebut diantaranya, belanja pegawai sebanyak Rp766,3 miliar dari total pagu sebanyak Rp1.749,3 miliar. Selanjutnya, belanja barang Rp686,1 miliar dari total pagu Rp2.368,4 miliar.

Pada kategori belanja modal, telah terealisasi sebanyak Rp384,2 miliar dari total pagu Rp1.425,4 miliar. Sedangkan, pada belanja bantuan sosial (bansos) saat ini tengah menjadi salah satu anggaran diharapkan menyentuh masyarakat terdampak Covid-19, empat daerah wilayah kerja KPPN Palu baru merealisasikan sebanyak Rp0,226 miliar dari total pagu sebanyak Rp7,9 miliar.

“Yang terakhir, adalah dana transfer ke daerah yang merupakan DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran) dari pemerintah empat daerah tersebut, baru terealisasi belum setengah, yakni Rp820 miliar dari total pagu Rp2.217,3 miliar,” tuturnya.

Ia berharap, pemerintah harus terus berupaya mengelaurkan dana-dana tersebut dari KPPN.

“Sebab, dana tersebut sejatinya sudah ada, tinggal pemerintah selaku pemilik anggaran harus melakukan prosedural perealisasian terhadap anggaran-anggaran tersebut sehingga berimplikasi terhadap kinerja pemerintah dalam pemanfaatan anggaran untuk program-program reguler hingga bantuan langsung kepada masyarakat,” katanya. RHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed