oleh

Bupati Parmout Larang Salat Ied di Lapangan Terbuka

SULTENG RAYA – Bupati Parigi Moutong (Parmout)  melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesramas) menerbitkan Surat Edaran Nomor 451.11/2935/Bag.Kesramas tentang Pelaksanaan Shalat Idul Adha Tahun 1441 H /2020 M, Selasa (28/7/2020).

Dalam surat edaran tersebut, Bupati melarang pelaksanaan salat Idul Adha (Ied) 1441 H di lapangan terbuka. Salat Ied hanya dibolehkan dilaksanakan di masjid/musallah atau ruangan tertutup lainnya.

Ditekankan bahwa penyelenggaraan kegiatan salat ied tersebut harus memperhatikan syarat-syarat protokol kesehatan.

Kepala Bagian Kesramas Setda Parmout, H. Haris Rahim mengatakan dalam edaran tersebut, dalam penyelenggaraan salat ied harus menyiapkan petugas untuk melakukan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan salat ied.

Haris Rahim menambahkan, sebelum pelaksanaan salat ied harus dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan.

Selain itu membatasi jumlah pintu/jalur keluar masuk dan menerapkan pembatasan jarak pelaksanaan salat dengan memberikan tanda khusus minimal jarak satu meter.

“Dalam surat edaran Bupati tersebut juga ditekankan bahwa di tempat pelaksanaan salat Idul Adha harus menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun/hand sanitizer di pintu masuk maupun keluar, menyediakan alat pengecekan suhu, mempersingkat pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya serta tidak mewadahi sedekah jamaah dengan cara menjalankan kotak amal,”ujar Haris Rahim.

Haris Rahim mengimbau kepada Pemerintah Kecamatan, Kelurahan maupun Pemerintah Desa untuk melaksanakan pengawasan penegakan kepatuhan protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Idul Adha dengan berkoordinasi bersama TNI/POLRI di wilayahnya masing masing.

“Kami berharap surat edaran Bupati Parigi Moutong ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar pelaksanaan salat Idul Adha dapat berjalan dengan baik, tertib, lancar dan terbebas dari penyebaran Covid-19,”pungkasnya. AJI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed