oleh

Bulog: Petani Sulteng Perlu Perbaharui Fasilitas Pertanian

-Kota Palu-dibaca 429 kali

SULTENG RAYA – Kepala Bulog Kanwil Sulteng, Basirun, mengatakan petani domestik perlu melakukan investasi infrastruktur pascapanen untuk meningkatkan kualitas beras ketika panen.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan kunjungan ke beberapa titik sntra serapan di Sulteng. Rerata, para petani domestik masih menggunakan penggilingan padi sekali proses.

“Artinya, untuk menghasilkan beras dengan kualitas yang bagus, katakanlah premium super, ada tingkat kesulitan dengan fasilitas seperti itu. Mereka sangat butuh sarana pengeringan ketika panen dalam musim hujan,” kata Basirun kepada Sulteng Raya, Jumat (24/7/2020).

Ia menyarankan, stakeholder terkait baik Pemerintah maupun instansi pertanian lainnya, intens mengalakkan sosialisasi terkait teknologi pertanian masa kini. Sehingga, petani makin melek dengan pembaharuan dan menghasilkan kualitas hasil tani bersaing daerah lain.

Baca Juga :   DORONG CAPAIAN HERD COMMUNITY, PTM. Alitopan Club-TNI Angkatan Laut Vaksin Masyarakat

“Saya pikir perlu digalakkan investasi dari masyarakat untuk bisa memperbaiki pengilingan-penggilingan padinya, sehingga menjadi lebih modern,” tuturnya.

“Walaupun gabahnya bagus, biasanya pecahannya akan terlalu banyak. Kalau dari sisi rasa memang gak ada masalah, tapi kalau bicara soal kualitas seperti derajat sosok, butir patah dan sebagainya perlu penggilingan padi yang lebih moderen dari yang saat ini,” tuturnya. RHT

Komentar

News Feed