oleh

Gubernur Sulteng Minta Tangani Sungai Penyebab Banjir

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar serius menangani pengendalian sungai penyebab banjir.

Hal itu disampaikan saat mengunjungi beberapa lokasi bencana alam di Kabupaten Poso, Jumat (24/7/2020).

“Saya minta semua OPD terkait agar terpadu menangani pengendalian sungai,” jelasnya.

Lokasi pertama yang dikunjungi , yakni titik bencana pertemuan Sungai Lariang dan Sungai Malei  yang berdampak terjadinya kerusakan pada ruas jalan Desa Gintu, Kecamatan Lore Selatan dan Desa Lengkeka, Kecamatan Lore Barat. Melihat dampak yang ditimbulkan, dapat mengganggu aktivitas pengendara yang melintas.

Lokasi selanjutnya, meninjau hulu Sungai Halu Banua yang telah menyebabkan banjir bandang di Desa Lengkeka . Kemudian juga meninjau  Intake  Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang menjadi sumber Air Bersih untuk Desa Lengkeka.

Melihat dua lokasi itu, Gubernur Longki, menegaskan sungai harus segera dikendalikan agar tidak merusak jalan serta SPAM yang jadi sumber penghidupan warga desa.

“Saya Tidak mau karena sungai tidak terkendalikan setiap tahun jalan ini harus kita kerja. Begitu juga Intake SPAM rusak akibat dampak banjir, ” tegasnya.

Terakhir, Gubernur Longki  didampingi Bupati Poso, Darmin Sigilipu, meninjau SPAM di Desa Tuare, Kecamatan Lore Barat sebelumnya rusak akibat dampak bencana beberapa waktu lalu. Saat meninjau SPAM tersebut, Gubernur Longki menemukan SPAM sudah diperbaiki dan dapat digunakan kembali.

“Saya mengapresiasi bahwa pembangunan kembali SPAM sudah dilakukan Perbaikan,” ujarnya.

Usai kunjungan itu, Gubernur Longki bersama rombongan melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Lengkeka yang disambut para Tokoh Adat Lembah Bada dan warga desa.

Sebelumnya, Gubernur Longki juga telah meninjau Desa Olaya, Kecamatan Parigi dan Desa Boyantongo, Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong beberapa waktu lalu. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed