oleh

Layanan Cashless Transaction dan Branchless Banking Jadi Fokus Utama

SULTENG RAYA – Dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penularan virus covid 19, Bank Mandiri Area Palu memiliki fokus untuk mendukung pertumbuhan Cashless Transaction (transaksi non tunai) dan Branchless Banking (layanan perbankan di luar kantor cabang).

Hal ini dilakukan juga dalam rangka mendukung imbauan Pemerintah untuk jaga jarak (physical distancing), bekerja dari rumah, belajar di rumah, hingga beribadah di rumah.

Selain dalam upaya memutus rantai penularan virus covid 19, hal ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan program Layanan Keuangan Digital (LKD) yang telah dicanangkan oleh BI serta program Layanan Laku Pandai yang dimiliki oleh OJK untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

Dalam mendukung peningkatan cashless transaction dan branchless banking, Bank Mandiri memiliki produk dan layanan yang siap membantu nasabah bertransaksi secara non tunai dan tidak perlu ke kantor cabang.

Bank Mandiri juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk memberikan solusi keuangan digital yang sangat dibutuhkan nasabah pada masa new normal saat ini yang banyak berorientasikan kepada transaksi online.

Adapun beberapa produk dan layanan berorientasi cashless dan branchless yang ditawarkan Bank Mandiri Area Palu sebagai solusi keuangan nasabah antara lain :

  1. Agen Mandiri

Agen Mandiri adalah pihak yang berkerjasama dengan Bank Mandiri dalam menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya kepada masyarakat (Layanan Laku Pandai dan Layanan Keuangan Digital).

Agen Mandiri dapat melayani pembukaan rekening, setoran tunai dan tarik tunai rekening, pembelian dan pembayaran pulsa, listrik, tagihan, dll.

Baca Juga :   Pandemi, OJK Bangkitkan Asa Anak-anak Huntara Akses Pendidikan

Persyaratan menjadi Agen Mandiri cukup mudah cukup membawa dokumen identitas dan surat keterangan usaha, serta copy buku tabungan calon agen dan mengisi formulir pengajuan agen.

 

  1. Mandiri Tabungan NOW

merupakan rekening tabungan bagu nasabah perorangan yang dibuka secara online tanpa perlu ke cabang dengan melakukan scan QR Code Cabang Bank Mandiri terdekat yang dapat dijumpai di kantor cabang maupun tempat umum atau juga dapat langsung akses ke Website Online Onboarding yaitu join.bankmandiri.co.id atau joinbmri.id.

Mandiri Tabungan NOW saat ini dikhususkan bagi seluruh WNI yang belum pernah menjadi Nasaah Bank Mandiri dengan mendapatkan promo gratis biaya administrasi selama 6 bulan pertama dan selanjutnya hanya dikenakan biaya Rp 2,500 / bulan saja.

Saldo minimal rekening ini hanya Rp 10,000 dan langsung mendapatkan fasilitas Mandiri Online dan Mandiri Kartu Debit yang dikirim langsung ke alamat nasabah. Nasabah tidak diberikan buku tabungan namun dapat memantau secara langsung rekeningnya melalui Mandiri Online.

Proses pembukaan rekening secara online video call dengan Customer Service Online Bank Mandiri dan nasabah hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP (jika sudah memiliki sesuai ketentuan pajak), dan tanda tangan di kertas putih. Proses pengisian data dan Video Call dengan pegawai Bank Mandiri dapat dilakukan pada pukul 09:00 WITA – 22:00 WITA sealama 7 hari seminggu.

3.Aplikasi Mandiri Pintar

Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, Bank Mandiri Area Palu juga turut menyalurkan kredit produktif bagi UMKM agar dapat menggerakan roda perekenomian nasional termasuk melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca Juga :   BEI Relaksasi Perusahaan Tercatat dan Penerbit

Untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran covid 19, Bank Mandiri meluncurkan Aplikasi Mandiri Pintar. Mandiri Pintar (Pinjaman Tanpa Ribet) merupakan platform digital penyaluran kredit mikro. Mandiri Pintar merupakan Inovasi Bank Mandiri dalam mendigitalisasi pengajuan kredit mikro produktif dengan proses cepat sehingga diharapkan dapat menggairahkan bisnis segmen UMKM.

Mikro Kredit Sales Bank Mandiri sebagai tenaga pemasar kredit mikro dapat langsung memproses kredit melalui smartphone kepada nasabah sehingga dapat langsung diproses dari lokasi nasabah berada tanpa perlu datang ke kantor cabang.

4.Aplikasi Digiresto

Bank Mandiri DIGIRESTO merupakan platform berbasis aplikasi WhatsApp yang dirancang khusus untuk memberikan kemudahan pemesanan, pengiriman, hingga pembayaran makanan dan minuman secara langsung antara customer dengan pihak restaurant, cafe, maupun rumah makan yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

Opsi pembayaran sangat bervariasi dengan kartu debit, kartu kredit, serta uang elektronik berbasis server dan virtual. Layanan ini pun terintegrasi dengan jasa pengiriman pihak ketiiga dan semua dilakukan dengan transaksi non tunai.

Restaurant, cafe, maupun rumah makan yang ingin menggunakan aplikasi Digiresto cukup datang ke cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen identitas dan dokumen usaha serta melengkapi form pendaftaran.

5.QRIS untuk Tempat Ibadah dan Usaha Retail

QR Code QRIS (QR Indonesian Standard) merupakan serangkaian kode yang memuat data nasabah pengguna layanan serta data transaksi yang dapat dibaca dengan alat atau aplikasi untuk melakukan transaksi pembayaran dengan standar yang diatur oleh Bank Indonesia yang telah dikeluarkan oleh 21 Bank dan 11 Non Bank.

Baca Juga :   Empat Desa di Mamosalato Dialiri Listrik

Nasabah Bank Mandiri yang mengelola Tempat Ibadah, SPBU, Jasa Pendidikan, maupun usaha retail lainnya dapat mengajukan pendaftaran QRIS ke Bank Mandiri terdekat dengan membawa dokumen identitas dan dokumen izin usaha perorangan maupun non perorangan.

Dalam masa new normal ini, Bank Mandiri sangat mendorong nasabahnya yang memiliki usaha untuk dapat registrasi QRIS agar menghindari transaksi tunai dalam rangka memutus penyebaran covid 19.

Bank Mandiri juga berkerjasama dengan tempat-tempat ibadah dalam proses penerbitan QRIS dalam rangka mendukung imbauan Pemerintah untuk ibadah dari rumah.

Dalam proses penerbitan QRIS, Bank Mandiri bekerjasama dengan LinkAja sebagai pihak yang mengeluarkan QR Code bagi nasabah.

6.Mandiri Online

Mandiri Online merupakan fasilitas electronic channel Bank Mandiri atau dikenal juga dengan istilah e-banking. Mandiri Online dapat dinikmati di smartphone nasabah baik melalui aplikasi maupun dalam bentuk web.

Nasabah yang telah memiliki rekening Bank Mandiri dapat dengan mudah memiliki Mandiri Online dengan melakukan aktivasi sms banking finansial ke cabang terdekat dan pembuatan MPIN cukup membawa kartu identitas dan mandiri debit nasabah.

Setelah itu, nasabah sudah dapat mengunduh aplikasi mandiri online dan melakukan pendaftaran di smartphone nasabah. Nasabah langsung dapat merasakan kemudahan bertransaksi secara online baik untuk transfer, pembelian, pembayaran, dan nasabah dapat memonitor seluruh rekening simpanan maupun pinjaman secara online melalui aplikasi ini dalam 24 jam sehari.*/RHT

Komentar

News Feed