oleh

SKIPM Palu Kembali Mengawasi Mutu Perikanan di Pasar

SULTENG RAYA – Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palu kembali melaksanakan pengawasan mutu perikanan di sejumlah pasar di Kota Palu.

“Pengawasan mutu perikanan di sejumlah pasar oleh SKIPM Palu, kembali dilakukan. Walaupun, sebelumnya sempat ditunda karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda Kota Palu,” kata Kasubsi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi (Kasubsi Wasdalin) SKIPM Palu, Irmawan Syafitrianto, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, pengawasan mutu perikanan mulai dilakukan pada 14 Juli 2020, di dua pusat pasar modern di Kota Palu, yakni Hypermart dan Transmart.

“Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam hal mendukung pengawasan mutu domestik implementasi INPRES 01 Tahun 2017, dalam mendukung Gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas),” ucapnya.

Baca Juga :   Pelaku Pembobolan Website Untad Ditangkap

Ia menjelaskan, pengawasan itu dilakukan lantaran seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumen bahan pangan, termasuk salah satunya, yakni produk hasil perikanan, maka permintaan produk semakin meningkat .

Maka dari itu, sebaiknya ketersediaan produk harus disertai dengan produk perikanan bermutu dan aman konsumsi, serta memenuhi jaminan keamanan pangan.

“Selain itu, untuk proses pengawasan tetap sama seperti sebelumnya, yakni memeriksa kondisi produk perikanan, dengan mengambil sampel yang nantinya akan diperiksa di labolatorium SKIPM. Tidak hanya itu, pengawasan juga meliputi penilaian serta pengamatan terhadap sarana prasarana dan sanitasi higienis  di lokasi pengawasan,”jelasnya.ULU

Komentar

News Feed