oleh

Kasus Jembatan IV Palu Belum Ada Tersangka

SULTENG RAYA – Meski telah memeriksa 38 saksi, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng) kini belum juga menetapkan tersangka dalam dugaan kasus pembayaran utang jembatan IV Palu.

Kasi Penkum dan Humas Kejati Sulteng, Inti Astutik yang ditemui wartawan, Senin (13/7/2020) siang mengatakan, kasus tersebut tengah dalam tahap penyidikan dan telah memeriksa 38 saksi untuk diminta keterangan terkait kasus tersebut.

“Saksi yang sudah diperiksa sampai saat ini sejumlah 38 orang,” kata Astutik.

Astutik menegaskan, penyidik Kejati Sulteng masih tetap fokus ditahap penyidikan. “Masih tahap penyidikan mas, jadi kita masih tetap fokus disini (Penyidikan), nanti kalau ada perkembangan selanjutnya kita informasikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Kakanwil Kemenag Dorong Penyusunan Peta Dakwah Komprehensif

Astuti juga belum menyebutkan, siapa-siapa saja para saksi yang mengarah untuk dijadikan tersangka. “Belum, belum ada,” sebutnya.

Diketahui, dari total 38 saksi yang telah diperiksa selama tahap penyidikan, termasuk empat saksi yang diperiksa penyidik Kejati Sulteng pada Senin (13/7/2020) siang. Keempat saksi itu masing-masing, MA, SA, AM dan AF. Untuk dari kalangan mana keempat saksi yang dipanggil itu, Kasi Penkum Astutik belum mau menyebutkan. “Untuk dari kalangan mana, apakah itu anggota DPRD atau mantan anggota DPRD nanti kita sampaikan, yang jelas ada empat orang saksi diperiksa,” ujarnya.

Sebelumnya, Aspidsus Kejati Sulteng, Edward Malau juga belum dapat memastikan siapa yang mengarah menjadi tersangka. Penyidik masih terus menelusuri untuk membidik siapa yang harus bertanggung jawab secara hukum maupun pidana terkait pembayaran eskalasi jembatan IV tersebut. Namun dia tidak menapik kalau diantara anggota aktif atau mantan anggota DPRD kota Palu, diantaranya ada yang kemungkinan menjadi tersangka.

Baca Juga :   BNNP: Kalau Bukan Pemuda, Siapa Lagi?

Sebelumnya juga, Walikota Palu, Drs Hidayat juga dipanggil sebagai saksi untuk diminta keterangan terkait kasus pembayaran utang jembatan Palu IV kepada Perusahaan Global Daya Manunggal (GDM) pada Senin (6/7/2020).

Penyidik Kejati Sulteng juga telah memeriksa pihak perusahaan, diantaranya direktur, komisaris dan staf, masing-masing berinisial HP, NM, MR, SY, AR, AS, RS dan AS (dari pihak pemerintah).

Selain itu, juga turut memeriksa anggota dan mantan anggota DPRD kota Palu, seperti IR, SA, DB, AL, IA, IL, DW, IC dan HK. YAT

Komentar

News Feed