oleh

Wabup Parmout Tinjau Sejumlah Puskesmas

SULTENG RAYA – Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) segera menghadapi era new normal sesuai imbauan pemerintah pusat. New normal adalah tatanan baru untuk beradaptasi dengan virus Corona (Covid-19) yang mana masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasanya, namun dengan mematuhi sejumlah protokol kesehatan seperti memakai masker dan membatasi jarak fisik.

Menyambut era new normal tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Parmout, H Badrun Nggai, SE meninjau kesiapan sejumlah Puskesmas di wilayah utara Kabupaten Parmout, Selasa (7/7/2020).

Dalam kunjungannya tersebut,Wabup Badrun menekankan kepada para petugas kesehatan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat melakukan pelayanan kesehatan di masa new normal dengan mewajibkan para petugas maupun pasien memakai masker.

 “Jika ada pasien datang tidak menggunakan masker, maka petugas kesehatan harus memberikan sosialisasi akan pentingnya masker, sekaligus memberikan masker kepada mereka sehingga tingkat kesadaran dalam penanganan covid-19 di masa new normal betul-betul berjalan sesuai protokol yang sudah di tetapkan pemerintah,” ujar Badrun.

Selain itu Badrun mengingatkan para kepala Puskesmas untuk mendata para lanjut usia (lansia) di wilayahnya masing-masing.

“Tolong didata lansia yang berumur di atas 70 tahun untuk dimasukkan dalam program keluarga harapan,” ungkap Badrun.

Dalam kunjungan itu, Badrun mengapresiasi kinerja Puskesmas Sienjo Kecamatan Toribulu dalam menerapkan program pencegahan stunting yang saat ini tengah dijalankan pemerintah. Untuk pencegahan dini stunting, Puskesmas Sienjo melakukan pemeriksaan darah bagi pasangan yang akan menikah dengan tujuan agar calon pengantin dapat mengetahui kesehatannya.

“Melakukan pemeriksaan darah saat akan menikah sangat baik, sehingga  melalui tes darah tersebut tingkat pencegahan stunting dapat lebih awal dilakukan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Badrun Nggai menyempatkan diri meninjau proses pengawasan orang keluar masuk di wilayah Kabupaten Parmout dengan mengunjungi pos Covid-19 di Desa Ranang Kecamatan Kasimbar. Turut mendampingi Wabup, Asisten  Perekonomian dan Pembangunan dr Revi Tilaar,  Kepala BPBD, Abd Azis Tombolotutu dan perwakilan Dinas Kesehatan. AJI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed