oleh

BBTNLL Sinergi Pemkab Poso Memperbaiki Fasilitas Kawasan TNLL

SULTENG RAYA – Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Poso dalam rangka memperbaiki fasilitas penunjang di kawasan taman nasional lore lindu (TNLL), Rabu (8/7/2020).

Sinergitas itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pembangunan Strategis Tak Dielakkan berupa peningkatan jalan eksisting Ruas Doda Lelio di Kawasan TNLL, Kabupaten Poso.

“Semoga kita dapat bersinergi kedepan dalam memajukan Kabupaten Poso dan juga TNLL,” kata Kepala BBTNLL, Jusman.

Sementara itu, Bupati Poso, Darmin Sigilipu, memberikan apresiasi kepada Jajaran Ditjen KSDAE karena memberikan dukungan melalui kerja sama kepada masyarakat Tampolore dan masyarakat Poso secara umum.

“Peningkatan jalan tersebut dipastikan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan pengembangan pariwisata di lembah Bada dan Besoa yang dikenal dengan potensi peninggalan megalitik,” ucapnya.

Bupati Poso juga memastikan, pembangunan jalan tersebut memperhatikan aspek dan kaidah konservasi, sebagaimana tertuang dalam naskah PKS. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Poso melalui instansi teknis terkait berkomitmen menjalan program sesuai RPP, RKL dan RKT.

Acara tersebut selanjutnya dilakukan secara virtual dihadiri Mitra TNLL GIZ, FP3 Sulawesi beserta  Perwakilan Ditjen KSDAE di Jakarta.

Dalam Dokumen RPP yang juga ditandatangani, memuat beberapa kegiatan antara lain, pembangunan jalan sepanjang 24 km dan jembatan 16 buah. Kemudian, pengamanan kawasan, pembangunan portal, pintu gerbang dan rambu jalan. Selanjutnya, perlintasan satwa, sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat dan pembangunan infrastruktur pariwisata. Masa waktu PKS itu selama 10 Tahun dan dapat diperpanjang sesuai hasil evaluasi. RHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed