oleh

Bupati Poso Hadiri Prosesi Adat Tanam Padi Ladang

SULTENG RAYA – Rangkaian Prosesi Adat Pangore Tahunan, Desa Dewua, Kecamatan Poso Pesisir Selatan berlangsung secara sederhana di salah satu Kebun Padi Ladang di Desa Dewua, dengan tetap mengidahkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Poso Darmin A Sigilipu.

“Pemerintah Daerah senantiasa mengapresiasi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai salah satu bentuk komunikasi dan silaturahmi bersama masyarakat sampai di tingkat bawah,” ujar Darmin saat memberikan sambutan, Selasa (7/7/2020).

“Karena  melalui kegiatan sosial kemasyarakatan seperti ini,  mungkin ada hal-hal yang penting yang perlu kita sampaikan langsung kepada masyarakat, sehingga masyarakat cepat mendapatkan informasi dari pemerintah,” jelasnya.

Bupati juga mengapresiasi pelaksanaan Pangore Tahunan Masyarakat Desa Dewua sebagai pelestarian akar budaya kearifan lokal yang luhur dan turun temurun dilaksanakan langsung di ladang agar budaya ini tetap terjaga sampai pada generasi selanjutnya. 

“Pelaksanaan Pangore Tahunan Masyarakat Desa Dewua menjadi ajang pelestarian nilai-nilai kearifan lokal yang telah dilakukakan masyarakat Desa Dewua, sehingga hal ini kita patut mengapresiasi agar budaya dan nilai-nilai luhur kita tetap terjaga dan terpelihara  sampai ke generasi selanjutnya,” harap Bupati Darmin.

Bupati juga menambahkan bahwa saat ini, era globalisasi komunikasi dan informasi mampu menggerus budaya-budaya lokal dan budaya ketimuran yang mulia,  jika tidak memiliki benteng yang kokoh sebagai filter budaya-budaya asing, niscaya kearifan lokal bisa  terbawa oleh  derasnya arus budaya-budaya asing  yang belum tentu sesuai dengan adat ketimuran.

Kegiatan ini, kata Bupati Darmin dapat dimanfaatkan oleh  masyarakat untuk menyampaikan unek-unek serta keluh kesahnya kepada Pemerintah Daerah secara langsung, sehingga komunikasi efektif untuk pembangunan dan perubahan yang lebih baik bagi daerah dan kesejahteraan masyarakat,  khususnya masyarakat di Desa Dewua.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan itu, Dandim Poso Letkol Inf. Catur Sutoyo, Kapolres Poso AKBP Darno SIP, Pejabat dari Kejaksaan Negeri Poso, serta anggota DPRD Poso. SYM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed