oleh

Hari Pertama, UTBK di Untad Diikuti 6.367 peserta

SULTENG RAYA – Hari pertama pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Tadulako (Untad) Palu diikuti sebanyak 6.367 peserta, terdiri dari 5.868 berasal dari Sulawesi Tengah, 499 asal luar Sulteng, seperti Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Pulau Jawa.

Para peserta tersebut disebar di empat lokasi dan 29 ruangan. Masing-masing, 10 ruangan di Untad, 4 ruangan di SMKN 1 Palu, 9 ruangan di SMKN 2 Palu serta 6 ruangan di SMKN 3 Palu.

Setiap sesi ujian diikuti 455 peserta, terdiri atas 170 peserta mengikuti UTBK di Untad, 60 peserta di SMKN 1 Palu, 135 peserta di SMKN 2 Palu, dan 90 di SMKN 3 Palu.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin, M.Hum, selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, tahun ini, pelaksanaan UTBK sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, karena mengikuti Protokol Covid-19. Pelaksanaan UTBK tahun ini, kata dia, hanya dilakukan 2 sesi per hari, sedangkan tahun sebelumnya 4 sesi.

“Sesi pertama dimulai pukul 09.00 sampai 11. 15 Wita. Sesi kedua dilaksanakan pada pukul 14.00-16.15 Wita,” kata Dr Lukman, Ahad (5/7/2020).

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memberikan jeda waktu antara sesi satu dan dua dalam rangka pelaksanaan protokol Covid-19, seperti sterilisasi kelas, penyediaan hand sanitizer dan lain sebagainya.

Dengan adanya perubahan tersebut, kata dia, dari empat sesi jadi dua sesi, mengakibatkan jumlah hari pelaksanaan ditambah. Jumlah hari sebelumnya, untuk Universitas Tadulako hanya tiga hari, karena jumlah sesi perharinya empat kali.

Namun, saat ini, karena hanya dua sesi maka akan berjalan selama tujuh hari, karena jumlah sesi tetap 14 sesi.

“Pelaksanaan UTBK yang dimulai hari ini (kemarin, Ahad, 5/6/2020) merupakan tahap pertama. Sedangkan, tahap kedua akan dilaksanakan tanggal 20 sampai 29 Juli 2020, yang diperuntukkan bagi para tuna netra dan peserta yang tidak dapat mengikuti ujian pada tahap I karena alasan kesehatan dan bencana alam,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Rektor Untad Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, mengarahkan agar panitia UTBK dapat bekerja optimal, mengingat pelaksanaan UTBK yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 cukup riskan.

“Karena momen UTBK tahun ini cukup banyak melakukan penyesuaian dengan kondisi Covid-19, persiapannya pun membutuhkan banyak pertimbangan dan diskusi yang panjang,” ucap Rekrtor Prof Mahfudz.

“UTBK sempat dipertimbangkan untuk di tunda, namun pencarian solusi tetap dilakukan sehingga pelaksanaan UTBK tetap dijalankan dengan mengikuti protocol Covid-19 yang cukup ketat.  Saya turut berharap agar panitia pelaksana untuk dapat menjaga kesehatannya, sehingga siap dalam mengawasi pelaksanaan UTBK selama bulan Juli ini. Semoga pelaksanaan UTBK kali ini dapat berjalan lancar, aman dan optimal,” caupnya.

Usai arahan dari Prof Mahfudz, acara dilanjutkan dengan penyerahan perlengkapan ujian UTBK tahun 2020 kepada panitia pelaksana UTBK, terdiri atas 29 amplop berisi album bukti hadir peserta, 29 amplop berisikan berita acara pelaksanaan ujian dan kertas buram sebanyak 29 amplop yang akan disebar di empat titik lokasi di Untad dan 3 lokasi di sekolah mitra. */ENG.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed