oleh

Makanan, Minuman, Tembakau Dominasi Andil Inflasi di Sulteng

SULTENG RAYA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tengah mencatat, Inflasi gabungan Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sulteng yakni Kota Palu dan Luwuk sebanyak 0,43 persen. Masing-masing sebesar 0,34 persen dan 0,77 persen.

Dari angka tersebut, sektor makanan, minuman dan tembakau menjadi satu sektor paling mendominasi andil inflasi. Andil ketiga sektor itu sebesar 0,81 persen, jauh melampaui sektor dibawahnya, yakni pakaian dan alas kaki sebesar 0,26 persen.

“Sementara, inflasi terendah ada pada sektor informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,00 persen,” kata Kepala BPS, Dumangar Hutauruk dalam pemaparan data strategis bulanan BPS Sulteng, Rabu (1/7/2020).

Dari dua kota IHK itu, Kota Palu inflasi tahun kalender sebesar 0,60 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 0,98 persen. Sementara Kota Luwuk, mengalami inflasi tahun kalender sebesar 0,56 persen dan inflasi tahun ke tahun sebesar 1,39 persen.

Baca Juga :   Ditetapkan P21, Berkas Perkara Tersangka Penyelundupan Pakaian Bekas dilimpahkan ke Kejaksaan

“Sementara penurunan indeks harga terjadi pada kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,09 persen. Kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, dan kelompok pendidikan, selama bulan Juni 2020 relatif stabil,” katanya.

Dari 90 kota pantauan IHK nasional, sebanyak 76 kota mengalami inflasi dan 14 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Kendari sebesar 1,33 persen, terendah di Kota Makassar sebesar 0,01 persen. Kota Ternate mengalami deflasi tertinggi sebesar 0,34 persen, sementara Kota Padangsidimpuan mengalami deflasi terendah sebesar 0,02 persen.

Kota Palu menempati urutan ke-28 inflasi di tingkat nasional dan urutan ke-12 di kawasan Sulampua, sementara Kota Luwuk menempati urutan ke-7 inflasi di tingkat nasional dan urutan ke-5 di kawasan Sulampua. RHT

Baca Juga :   Wawali Sigit: Mari Bersama ‘Pulihkan’ Palu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed