oleh

Polres Bangkep Tangkap Pengedar Pil THD

SULTENG RAYA – Polres Banggai Kepulauan (Bangkep) menangkap pelaku pil jenis triherxyphenidyl (THD), Jumat (26/6/2020).

Kapolres Banggai Kepulauan, AKBP Reja A. Simanjuntak saat konferensi pers di kantor Polres Banggai mengatakan, tersangka tersebut berinisial  L alias O (25) beralamat di Jalan Baru Kelurahan Dodung, Kecamatan Banggai, Kabupaten Balut. Tersangka melakukan peredaran sedian farmasi tanpa ijin edar berupa obat pil jenis trihexphenidyl (THD).

Kronologis kejadian kata Kapolres, pada Jumat (26/6/2020) sekira pukul 01.00 wita, tersangka sementara berbaring di rumah milik perempuan yang diketahui bernama Tanti atau biasa tersangka panggil Ajus, tiba-tiba tersangka mendengar pintu rumah diketuk kemudian tersangka bangun dan membukakan pintu itu.

“Setelah tersangka membuka pintu tersebut, tersangka melihat datang petugas Kepolisian yang menujukkan kepada tersangka surat tugas. Setelah tersangka melihat surat tugas tersebut, tersangka kemudian mengetahui bahwa mereka ada anggota polisi dan langsung melakukan penggeledahan terhadap tersangka dan seluruh bagian rumah perempuan,” jelas Kapolres.

Lanjutnya, kemudian anggota polisi tersebut mendapatkan bekas bungkusan obat/pil jenis THD dalam bungkusan timah rokok yang sudah dalam keadaan pecah atau hancur diperkirakan sebanyak lima butir juga didapatkan di dalam sepatu yang tersimpan dalam rak sepatu.

“Anggota polisi tersebut bertanya siapa pemilik dari obat/pil jenis THD dalam bungkusan timah rokok yang sudah dalam keadaan pecah atau hancur tersebut, dan tersangka mengatakan bahwa barang tersebut adalah milik tersangka. Setelah itu anggota polisi bertanya masih adakah barang yang disimpan di tempat lain, namun tersangka menjawab tidak ada, namun setelah tersangka didesak, tersangka kemudian mengakui bahwa barang lain berupa obat/pil jenis THD masih ada tersangka titip di rumah perempuan atas nama Alani,” lanjutnya.

Saat itu juga kata Kapolres, anggota polisi tersebut membawa tersangka ke rumah perempuan Alani untuk mengambil barang obat/pil jenis THD sebanyak 1.800 butir. Kemudian saat itu juga tersangka diamankan ke Polsek Banggai Laut untuk diamankan dan seterusnya digiring ke Polres Banggai.

“Akibat perbuatan tersangka yang melanggar pasal 197 jo. Pasal 106 sub pasal 196 jo. Pasal 98 ayat (2) dan ayat (3) UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dan diancam hukuman kurungan selama 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar rupiah,” kata Kapolres didampingi Kabag Ops AKP L. Hasanudin, Kasat Narkoba Iptu Darfin dan Kasubag Humas AKP. Nicolas Wagey, Selasa (30/6/2020).

Sementara, untuk barang bukti yang disita dari tersangka sebanyak 1.800 butir obat pil jenis trihexyphenidyl. MAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed