oleh

Kepsek SMPN 5 Bagi Tips Raih Predikat Sekolah Adiwiata

SULTENG RAYA – Kepala SMPN 5 Palu, Ramlah M Sirih membagikan tips untuk menjadi sekolah predikat adiwiata di Kota Palu.

Untuk diketahui, Adiwiata adalah program Menteri Lingkungan Hidup untuk memberikan pembelajar kepada peserta didik bagaimana warga sekolah untuk mencintai lingkungan sekolahnya.

Program itu bukan hanya sekedar menanam dan menghijaukan sekolah, tetapi lebih dari itu, tertanamnya kebiasaan mencintai lingkungan. Dengan harapan,  ketika kebiasaan itu sudah melekat dalam dirinya setiap warga sekolah (peerta didik) dan saat kembali ke tengah-tengah lingkungan, ia bisa memberi contoh kepada orang disekitarnya. “Untuk itu, orientasinya ada pada sumber dayanya untuk penerapan dikehidupan sehari-hari,”kata kepsek. Selasa (30/6/2020) .

Disamping itu, Keterlibatan juga ada pada peran orangtua, dalam penyelenggaraan sekolah adiwiata, yaitu dengan upaya sosialisasi baik kepada peserta didik itu sendiri maupun kepada guru hingga penjaga sekolah, agar mereka menjadi biasa terhadap semua hal-hal yang berbau keindahan.

“Adiwiata sekolah itu sangat menarik sekali, dimana hal-hal yang tidak produktif kita sulap. Seperti contoh, sampah organik dan anorganik itu semua bisa bermanfaat,  makanya di sekolah adiwiata itu ada bang sampah. Itu jadi wadah untuk peserta didik di kelas masing-masing,”jelasnya.

Katanya, mendisiplinkan peserta didik dan masyarakat sekolah itu penting, bahkan jika perlu pemberlakuan sanksi juga harus tegas, karena itu memberikan efek jerah bagi semua unsur untuk patuh terhadap peraturan.

 “Dalam sekolah adiwiata itu akan tercermin hidup yang bersih dan sehat. Bagaimana kemudian sampah itu jadi bernilai, yang kemudian bisa membuat kreativitas bagi peserta didik itu sendiri memanfaatkan hasil dari menghimpun hal yang dahulunya tidak berharga jadi berharga,” ucapnya. JAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed