oleh

Tersisa Satu Pasien, Parmout Menuju Zona Hijau Covid-19

SULTENG RAYA – Status Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) yang saat ini berada dalam zona kuning dalam situasi pandemi virus Corona (Covid-19) nampaknya akan kembali ke zona hijau. Pasalnya saat ini tinggal tersisa satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Parmout.  Hal itu diungkapkan oleh juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Parmout, Irwan, SKM, MKes pada jumpa pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Parmout, Senin sore (29/6/2020).

Irwan mengungkapkan, satu dari dua pasien Covid-19 Kabupaten Parmout atas nama tuan J warga Desa Tada Selatan Kecamatan Tinombo Selatan telah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes swab terakhir. Demikian pula pasien positif Covid-19  ber-KTP Balinggi Kecamatan Balinggi berinisial IMS (48 tahun) yang masuk dalam data pasien positif Covid-19 Kota Palu juga sudah dinyatakan sembuh. Satu-satunya pasien yang belum sembuh adalah Kas (22 tahun) warga Desa Tolai Kecamatan Torue yang saat ini menjalani karantina di gedung Diklat Parmout.

“Tersisa satu pasien positif saat ini menjalani karantina di gedung Diklat secara umum kondisinya baik. Dalam waktu satu dua hari ini kami akan tes swab kepada yang bersangkutan semoga hasilnya negatif,”ujar Irwan.

Baca Juga :   Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

Selain itu kata Irwan, juga telah dilakukan rapid tes dan swab kepada warga yang dicurigai melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. Irwan menjelaskan, sebanyak 12 orang warga Desa Balinggi yang sempat melakukan kontak dengan IMS telah rapid test dan hasilnya negatif. Demikian pula warga Desa Tolai yang melakukan kontak dengan Kas telah dilakukan rapid sebanyak 27 orang yang hasilnya semuanya non reaktif dan tiga orang menjalani swab hasilnya negatif.

Selanjutnya kata Irwan, ada warga Desa Wanamukti Kecamatan Bolano Lambunu yang awalnya hasil rapid tesnya reaktif, namun setelah dilakukan swab hasilnya negatif.

“Kami berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan, namun tetap waspada dan tetap menjalani pola hidup sehat dan selalu memakai masker,”jelas Irwan.

Baca Juga :   Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

Irwan juga mengungkapkan data terakhir Orang Dalam Pemantauan (ODP) Kabupaten Parmout sebanyak lima orang dan yang sembuh sebanyak 111 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak tiga orang dan yang sembuh tujuh orang. Menurutnya jika kondisi tersebut terus berlangsung maka status Kabupaten Parmout yang saat ini berada dalam zona kuning akan kembali ke zona hijau.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Parmout, dr Agus S Hadi mengatakan, kondisi Kabupaten Parmout saat ini masih aman terkendala menuju pola hidup baru (new normal). Hanya saja katanya masih banyak warga yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan misalnya masih masih ada pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker atau ada pula warga yang memakai masker dengan tidak benar.

Baca Juga :   Warga Tak Pakai Masker Dihukum Push Up

“Masyarakat dianjurkan tetap menjalankan pola hidup sehat dan makan makanan sehat yang mengandung vitamin C minimal 500 mg perhari,”jelasnya. AJI    

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed