oleh

WBP dan Petugas Rutan Poso Dites Urine

SULTENG RAYA – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Poso, kembali menunjukkan keseriusannya dalam mengemban tugas negara dengan memberantas penyalahgunaan maupun peredaran gelap narkoba.

Hal ini dibuktikan, dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Poso, untuk melakukan test urine terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), maupun para petugas keamanan di lingkungan rutan setempat, Senin (29/6/2020) pagi sekira pukul 10.00 Wita.

Pantauan Sulteng Raya, sebanyak 28 WBP  dan 27 petugas Rutan Kelas IIB Poso, menjalani test urin oleh tim kesehatan BNNK Poso, yang hasilnya semua negatif.

Mengawali giat tersebut, Kepala Rutan Kelas IIB Poso, Tomi Elyus dalam sambutannya dihadapan WBP dan para petugas keamanan mengatakan, tujuan dilaksanakan giat ini adalah agar lingkungan Rutan yang dipimpinnya saat ini, terbebas dan bersih dari namanya Narkoba mapun zat adektif lainnya.

Olehnya kata Tomi,  Rutan Kelas IIB Poso dinilai perlu untuk menghadirkan pihak BNNK Poso, yang selama ini diketahui memang memiliki kewenangan dalam tugas Pencegahan, Penberantasan, Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), ditengah masyarakat.

“Tujuannya hanya satu, Rutan Kelas IIB Poso ini, harus bersih dan bebas dari Narkoba dan yang menjalani test urin hari ini (Senin kemarin). Khusus WBP akan jadi kader sekaligus relawan kesehatan, untuk menjadi contoh bagi rekan-rekan sesama WBP ditempat ini,” tegas Tomi Elyus.

Tomi Elyus juga menambahkan, pelaksanaan test urin hari ini adalah sebuah deklarasi sekaligus sosialisasi gerakan. “Tiada tempat bagi Narkoba dan sejenisnya untuk masuk, beredar maupun digunakan di lingkungan Rutan Kelas IIB Poso. Apa yang kita laksanakan hari ini, masih taraf yang sifatnya ajakan sekaligus peringatan dini. Tapi kalau ada yang mau coba-coba, saya akan tindak tegas dan akan saya serahkan pada pihak BNN,” tegasnya kembali.

Sementara, Humas BNN Poso, Hilman Maku mengatakan, kegiatan hari ini merupakan giat pascaHari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020, serta sebagai bentuk tindak lanjut MoU antara BNN Poso dan pihak rutan Poso.

Sementara, dari hasil tes urine tersebut, pihak BNN Poso menyebut hasilnya semuanya negatif tanpa narkoba. SYM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed