oleh

Bidan Diharapkan Memberikan Pelayanan Kesehatan Optimal

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola berpesan, peran bidan sebagai tenaga kesehatan dan mitra perempuan sangat sentral.

Gubernur berharap, bidan selalu memberikan pelayanan kesehatan optimal, khususnya kepada ibu dan bayi di Sulteng.

“Pelayanan optimal harus diberikan dalam rangka mewujudkan kesehatan ibu selama kehamilan, persalinan, kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi,” pesan Gubernur Longki pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 dirangkaikan dengan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-24 serta HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-69 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2020 secara resmi dibuka Gubernur Sulteng, Longki Djanggola di Gedung Pogombo, Senin (29/6/2020).

Di masa pandemi, kata dia, perlu disiasati upaya mencegah lonjakan jumlah kehamilan dan melindungi ibu hamil dan bayi rentan tertular Covid-19. Karena itu, ia meminta bidan dan dinas teknis bekerja sama menginformasikan bahaya Covid-19 ke masyarakat.

“Khususnya pasangan usia subur agar sebaiknya menunda dulu rencana kehamilan di masa pandemi demi menyelamatkan nyawa ibu dan calon bayi,” ucapnya.

Terpisah, ketua IBI Sulteng, Euis Bianca, mengatakan, momentum HUT IBI diharapkan menjadi momentum meningkatkan kompetensi para bidan di Sulteng dalam mengupayakan keselamatan ibu dan anak.

“Jadikan momentum ini utnuk kita menjaga kekompakan, terutama soal layanan kita kepada masyarakat (ibu dan anak), keselamatan dan kesehatan mereka sangat tergantung dari profesionalisme kita menjalankan amanah,” katanya kepada Sulteng Raya. RHT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed