oleh

Jangan Lewatkan KB Gratis di Semua Faskes 29 Juni 2020

SULTENG RAYA – ‘BKKBN Baru Dengan Cara Baru Dan Semangat Baru Hadir Di Dalam Keluargamu’ itulah tema Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020.

Dalam merealisasikan tema tersebut, peringatan Harganas ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, guna memperingati Harganas, BKKBN selaku pelaksana program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) bersama mitra kerja akan memberikan kontribusi nyata pada masa pandemi Covid-19 kepada masyarakat Indonesia.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk menggerakan Pasangan Usia Subur (PUS) untuk mendapatkan fasilitas pelayanan KB. Pelayanan KB dilaksanakan serentak se-Indonesia pada Senin, 29 Juni 2020.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah, Maria Ernawati, mengatakan, tujuan pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor adalah agar kebutuhan akan alat obat kontrasepsi bagi PUS dapat segera terpenuhi, guna melindungi dari adanya kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan berisiko selama pandemi Covid-19.

“Pelayanan serentak sejuta akseptor ini akan tercatat dalam rekor MURI. Dalam momentum ini, Sulteng mendapat target 24.916 akseptor. Sampai saat ini, data jumlah akseptor yang terdaftar sudah mencapai 19.420, dalam beberapa hari kedepan kami berharap angka ini akan terus bertambah,” kata Kaper BKKBN Sulteng, Maria Ernawati saat melaksanakan Webinar Pemantauan Pelayanan KB di Dinkes Sulteng pada Kamis (27/6/2020).

Pasangan Usia Subur (PUS) bisa mendapatkan layanan pemasangan KB IUD, implan maupun suntik di fasilitas kesehatan setempat. Tidak hanya itu, pelayanan KB juga diberikan secara serentak oleh Penyuh KB (PKB/PLKB) bagi akseptor kondom dan pil.

“Target yang  telah ditetapkan telah dibagi ke 13 kabupaten dan kota se-Sulteng,” ucapnya.

Untuk mensukseskan pelaksanaan pelayanan KB serentak ini, tentu BKKBN tidak dapat melakukannya sendiri, dibutuhkan peran mitra dan stakeholder guna bersama-sama dapat berkontribusi.

Beberapa kesepatakan telah ditetapkan pada Webinar yang diikuti Dinkes kabupaten dan kota, Puskesmas se-Sulteng, Ketua IBI Cabang kabupaten dan kota.

Sementara itu, Kepala Dinkes Reny menyebutkan, pihaknya telah mendistribusikan alat pelindung diri (APD) sebanyak 20.000 pcs di sleuruh kabuparten dan kota se-Sulteng. Langkah tersebut sebagai upaya untuk mendukung program Pelayanan Sejuta Akseptor BKKBN.

Insyaallah, Sulawesi Tengah optimis dapat mensukseskan Pelayanan KB Sejuta Akseptor dengan dukungan semua pihak, sudah kami kirimkan total 20.000 APD tambahan untuk pelayanan KB di seluruh kabupaten dan kota,” Terang Reni.

 

PELAKSANAAN PASAR MURAH

Diketahui, selain pelayanan sejuta akseptor, BKKBN Sulteng didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng juga melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Harganas 2020. Diantaranya, pelaksanaan pasar murah di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Sulteng di Jalan Kartini pada Senin (29/6/2020).

“Pasar murah berlangsung selama satu hari saja, yakni pada Senin (29/6/2020) mulai pukul 09.00 Wita sampai 16.00 Wita. Bagi masyarakat yang ingin datang belanja di pasar murah, harap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” kata Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan, dan Informasi (Adpin) Perwakilan BKKBN Sulteng, Muhammad Rosni.

Selain itu, sejumlah pengusaha ritel juga turut memeriahkan Harganas dengan memberikan promo diskon. Salah satunya gerai Alfamidi. HGA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed