oleh

Jalur Provinsi Putus karena Longsor di Ganda-ganda

SULTENG RAYA – Hujan deras yang mengguyur kota Kolonodale dan sekitarnya, mengakibatkan tanah longsor. Tiga unit rumah warga yang dihuni lima Kepala Keluarga (KK) di Dusun 1 Desa Ganda-ganda rusak berat dan tidak bisa dihuni lagi. 

Selain merusak pemukiman warga, longsor tersebut juga memutus akses jalur Provinsi yang menghubungkan Kota Kolonodale dengan Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Poso, akibatnya Dusun Lambolo dan Dusun Towi, Desa Tamainusi Kecamatan Soyo Jaya sempat terisolir.

Sedikitnya 22 orang warga Dusun 1 mengungsi, satu orang balita dilaporkan mengalami luka, sementara empat orang warga lainnya mandi lumpur akibat terjangan longsor tersebut, dua diantaranya merupakan lansia.

Pantauan media ini, longsor ini disebabkan tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur lokasi menyebabkan sebagian lereng gunung yang berada dibahu jalan amblas.

Baca Juga :   Bupati Minta Evaluasi Kegiatan Pemerintah

Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan saat meninjau lokasi Kamis dini hari mengatakan pihaknya telah menerjunkan satu pleton anggota Polres Morowali Utara untuk membantu mengevakuasi warga.

Selain itu, pihaknya juga langsung menyalurkan bantuan berupa beras dan mie instan sebagai logistik bagi puluhan warga yang mengungsi tersebut.

“Kita langsung turun lapangan, anggota juga kita kerahkan untuk membantu warga” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Morowali Utara Moh Asrar Abdul Samad langsung meninjau lokasi kemudian mengerahkan alat berat segera menyingkirkan timbunan longsor sehingga Desa Ganda-ganda yang hanya dua kilometer dari Kota Kolonodale kembali bisa di akses dan satu jembatan putus.

Pantauan media ini, hujan yang telah mengguyur sejak Rabu sore tersebut yang menghubungkan Desa Peleru dan Era (Koro Ngkuse) putus dihantam banjir. Aliran listrik di wilayah itu terputus akibat satu unit tiang listrik roboh. VAN

Baca Juga :   Bupati Minta Evaluasi Kegiatan Pemerintah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed