oleh

Pelatihan Jurnalistik, Rektor Tekankan Pentingnya Pemahaman UU IT

-Pendidikan-dibaca 561 kali

SULTENG RAYA- Rektor Universitas Alkhairaat Palu, DR Umar Alatas menekankan kepada masyarakat pengguna media sosial untuk memahami dengan baik regulasi yang mengatur dunia digital, karena tidak sedikit masyarakat pengguna media sosial berurusan dengan hukum akibat melanggar regulasi tersebut, UU IT.

Begitu mudah orang menulis lalu upload ke dunia maya melalui media sosial yang mereka miliki, tanpa menyaring kebenaran informasi itu, atau dalam istilah dunia jurnalistik adalah konfirmasi kebenaran informasi itu, tingkat keakuran informasi dan datanya, akibatnya terkadang informasi dan data yang tidak akurat itulah yang membuat gaduh.

Di era keterbukaan dan kebebasan dalam penggunaan media komunikasi dan media sosial sangat membutuhkan edukasi bagi masyarakat, termasuk warga kampus.

Baca Juga :   Virtual Tour, Dosen Untad Kenalkan Budaya Tanah Kaili

Sebagai masyarakat terdidik kata rektor, harus lebih dari masyarakat umum dari sisi pahamanan. Sebab tulisan yang sudah terkirim, sulit untuk dikendalikan dan orang lain dengan mudah menyebar luaskan. Olehnya harus ada pemahaman, pastikan itu informasi dan data yang falid untuk dipublis ke media.

 “Pahami dengan baik, agar tidak berurusan dengan hukum, jangan sampai divonis bersalah, baru tau kalau dirinya keliru dalam menggunakan media sosial (digital), karena sumber keributan itu hanya ada dua, yang pertama salah paham, dan yang kedua adalah pemahamannya yang salah,” pesan Umar Alatas, saat membuka Pelatihan Dasar Jurnalistik 1, dengan mengambil tema Jurnalistik Muda Kredibel di Era Digitalisasi Media, melalui Zoom Meeting dan Yotube. Senin (15/6/2020).

Baca Juga :   JAUHKAN KAMPUS DARI PEMAHAMAN KIRI, FAI Unismuh Tekankan Mahasiswa Ikut Organisasi Kampus

Pelatihan Dasar Jurnalistik 1 menghadirkan tiga narasumber, pertama akademisi sekaligus praktisi media, Syamsuddin, S.S., M.Si., kedua  akademisi sekaligus praktisi media Ridwan Laki., S.Pdi., M.Si. Terakhir Akademisi sekaligus penulis buku Dr.Ir. Kasman Jaya Saad., M.Si. ENG

Komentar

News Feed