oleh

BNN Kota Palu Gencar Edukasi Masyarakat Pencegahan Narkoba dan Covid-19

SULTENG RAYA-Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palu, gencar turun mengedukasi masyarakat, bukan hanya mengajak melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba, melainkan juga mencegah penyebaran Covid-19.

Jumat (12/6/2020) pagi, Tim Penyuluh Seksi P2M BNN Kota Palu dan Satgas Pencegahan Covid-19 BNN Kota Palu kembali turun ke masyarakat menyampaikan himbauan kepada Masyarakat Kota Palu, untuk tetap mengurangi aktifitas di luar rumah, jika tidak terlalu penting sebaiknya tetap berada di dalam rumah.

Selama bekerja, belajar dan beribadah dari rumah, diminta selalu mengisi dengan aktivitas positif,  menjaga pola hidup sehat dengan olahraga, makan bergizi dan menjauhi penyalahgunaan narkoba. “Gunakan waktu bekerja, belajar, beribadah dari rumah untuk menjalin komunikasi efektif antara orangtua dan anak sehingga menjauhkan dari penyalahgunaan narkoba,”ajak tim penyuluh BNN Kota, Agus Jabar, melalui pengeras suara.

Baca Juga :   Karyawan BPJS Ketenagakerjaan Palu Bantu Dua Mesin Jahit Kelompok Disabilitas

Kata Agus, khusus penyalahguna narkoba (pemakai dan pecandu narkoba), bukan saatnya untuk diam dan takut, bahkan diminta segera melaporkan diri ke BNN dijamin tidak akan diproses hukum, bahkan hanya direhabilitasi secara gratis oleh pemerintah.

Selain itu, terkait Covid-19, Agus mengajak masyarakat untuk mengurangi interaksi dengan orang lain, menjaga jarak fisik minimal 1 meter dan menghindari kerumuman atau berkumpul dengan orang banyak.

Wajib menggunakan masker jika harus keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, atau gunakan hand sanitizer sebelum menyentuh mata, hidung dan mulut.

“Juga penting untuk memperhatikan etika batuk dan bersin, penuhi kebutuhan gizi dan minum air putih yang cukup,”kata Agus.

Baca Juga :   Pertamina Berikan Bantuan kepada 63 Panti Asuhan dan Ponpes se-Sulawesi

Jika muncul gejala Covid-19, seperti suhu tubuh diatas 38°C, sakit tenggorokan dan batuk agar segera melapor diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, dan sedapat mungkin melakukan karantina mandiri agar terputus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain itu, buang bekas Masker pada tempat sampah dengan merobeknya terlebih dahulu untuk menghindari penyalahgunaan masker bekas oleh oknum tidak bertanggungjawab. “Menghadapi New Normal, agar membawa sendiri peralatan beribadah dan membawa makan ke Tempat Kerja,”tambah Agus. ENG

Komentar

News Feed