oleh

Katalog Elektronik Lokal Jadi Rekomendasi Pencegahan Korupsi

SULTENG RAYA –   Penerapan katalog elektronik lokal menjadi salah satu rekomendasi aksi pencegahan korupsi.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Hidayat Lamakarate, melalui penerapan katalog ini, dapat menghadirkan layanan pengadaan yang memenuhi 4 prinsip dasar pelayanan. 

“Hadirnya layanan pengadaan ini memenuhi prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, akuntabilitas dan transparansi,” jelasnya saat membuka Sosialisasi Katalog Elektronik Lokal dan Perangkat Asessmen Kesiapan Menjadi Pengelola Katalog Elektronik Lokal Lingkup Sulteng secara virtual dari ruang kerjanya, Kamis (4/6/2020).

Di hadapan 40 peserta dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulteng, penerapan katalog elektronik lokal merupakan salah satu indikator modernisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah. Dalam pemanfaatan sistem katalog elektronik lokal ini, dapat dilakukan dalam mekanisme pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, menurut Hidayat, manfaat dari layanan ini merupakan upaya mengurangi masalah seputar pengadaan barang dan jasa. Dengan begitu, kedepan tidak ada lagi kekeliruan atau kecurigaan dalam proses pengadaan.

“Saya kira ini baik sekali untuk mengurangi hal-hal yang jadi problem seputar pengadaan. Sehingga tidak ada lagi kekeliruan, atau kecurigaan kalau prosesnya berjalan tidak adil,” jelasnya.

Agar pemanfaatan layanan tersebut dapat digunakan dengan baik, kata Hidayat, perlunya dukungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dalam memperkaya wawasan peserta.

“Wawasan ini mutlak dibutuhkan. Supaya katalog dapat diterapkan dengan benar dan sesuai aturan undang-undang,” ucapnya. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed