oleh

Stok Pangan di Banggai Masih Aman

SULTENG RAYA – Ditengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, ketersediaan pangan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk saat ini masih aman.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Ir. H. Usman Suni saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/5/2020).

Sebelumnya kata Usman, instansinya sudah melakukan survei di rumah-rumah petani yang baru panen, cukup masih banyak stok tapi memang mesti harus dikendalikan jangan sampai jumlah yang keluar daerah lebih besar.

“Kita perlu kendalikan, takutnya nanti akan terjadi pembelian besar-besaran yang kemudian bisa memicu harga beras bisa meningkat naik, itu yang kita jaga, jadi kita bukan melarang untuk membeli tapi kita mengendalikan agar stok pangan masa panen berikutnya, untuk keperluan daerah sudah terpenuhi. Kemudian, kita lihat stok beras yang tersedia, baru kita distribusikan keluar,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, stok beras sampai bulan Juni diperkirakan 200 ribu ton. Cuma kata Usman, harus dikendalikan penyaluran berasnya, jangan sampai beras kita keluar daerah yang lebih banyak. Kita sendiri yang repot kekurangan stok pangan, takutnya macam tahun kemarin terjadi lonjakan harga 700 ribu satu karung (50 kg) sehingga menjadi keresahan masyarakat.

“Kami juga akan menggenjot kebutuhan stimulan sarana pendukung petani agar dapat meningkat hasil pertanian yang dapat memuaskan bagi petani,” katanya. MAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed