oleh

Pemda Morut Salurkan Bantuan untuk UKM

SULTENG RAYA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali Utara (Morut) menyalurkan bantuan dana stimulan bagi pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) secara simbolis di Kecamatan Petasia, Rabu (20/5/2020).

Penyaluran bantuan itu, sebagai bentuk komitmen Pemda Morut dalam penanganan pelaku UMKM yang terdampak langsung akibat wabah Covid-19.

Kepala Dinas (Kadis) Kumperindag Morut, Ir. Ridwan mengatakan, pendataan pelaku UKM dibagi dalam dua tim masing-masing, 

tim satu di Kecamatan Petasia, Petasia Timur, Lembo, Bungku Utara dan Mamosalato, sedangkan tim dua di Kecamatan Petasia Barat, Lembo Raya, Mori Atas, Mori Utara dan Soyo Jaya.

Dikatakannya, adapun kriteria pendataan pelaku Usaha Mikro penerima bantuan yakni memiliki tempat usaha, pelaku usaha seperti penjual sayur, penjual kue, penjual pop ice, penjual ikan di pasar, penjual bakso keliling/somay, penjual makan di kantin sekolah, pelaku usaha menjahit, kios kecil dengan pendapatan harian kurang dari 150 ribu/hari, tidak terdata sebagai penerima BLT APBN maupun APBD, PKH, dan bantuan sosial lainnya.

“Sebelumnya kami sudah lakukan pendataan tapi dengan sistem zonasi, sementara untuk penyerahan langsung kepada pelaku UKM sesuai dengan by name by addres,” kata Ridwan.

“Jadi besaran yang diterima oleh pelaku UKM yang terdampak Covid-19 ini senilai Rp 500 ribu per bulan, selama tiga bulan mulai April, Mei dan Juni 2020, dimana pada saat ini ia tidak mampu memenuhi kebutuhan ekonominya sehari-hari disebabkan karena usahanya tutup sementara,” tambahnya.

Ridwan berharap, bantuan yang diberikan ini bisa membantu para pelaku UKM dalam memenuhi kebutuhan ekonominya ditengah pandemi Covid-19. Sehingga pelaku usaha ini bisa tetap bertahan pada saat kondisi sekarang dan kedepannya.

Sementara, Bupati Morut Moh Asrar Abd Samad mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pemda Morut dalam upaya membantu bagi para UMKM dimasa pendemi Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat serta bisa dipergunakan seperlunya. Untuk itu mari kita bersama-sama kita lawan wabah virus ini dengan mengikuti semua anjuran pemerintah agar jangan tertular kepada kita. Kita yakini wabah virus ini akan pasti berlalu, sehingga kita bisa bekerja kembali dengan tidak was-was lagi melakukan aktivitas kita sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari,” imbau Asrar.

“Tetap jaga kesehatan mudah-mudahan virus corona ini cepat berlalu,” harapnya. MAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed