oleh

Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Ditiadakan

SULTENG RAYA – Sejumlah daerah di Indonesia sepakat untuk meniadakan salat ied berjamaah di masjid maupun lapangan terbuka. 

Kebijakan serupa juga berlaku di Kota Palu setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Palu bersama sejumlah stakeholder melaksanakan rapat koordinasi (rakor) membahas pelaksaan salat Idul Fitri 1441 hijriah di tengah pandemi Covid-19 di ruang kerja Kapolres Palu, Rabu (20/5/2020). 

Dalam rakor tersebut, salat Idul Fitri secara berjamaah hanya dapat dilaksanakan di rumah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Rakor tersebut dihadiri Kapolres Palu, AKBP H Moch Sholeh, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asti L Sawayah, Wakil Ketua MUI Kota Palu, Sagir M Amin, Kadis Kesehatan Kota Palu, dr Husaema, Kalak BPBD Kota Palu, Singgih Budi Prasetyo, Pasi Ops Kodim 1306 Dongala, perwakilan Ansor Kota Palu, perwakilan Muhammadiyah Kota Palu, Kasi Ninmas Kemenag kota Palu, Muh Isnaeni, perwakilan pengurus Masjid Raya Lolu Palu, Kabag Kesra Kota Palu, Awaludin, Kabag Ops Polres Palu, AKP Awaludin Rahman, Kasat Intel AKP Syahrul Alamsyah. 

“Seluruh peserta rapat telah sepakat untuk meniadakan salat Idul Fitri secara berjamaah di masjid maupun di lapangan,” kata Sekkot Asri. 

Menurutnya, kebijakan tersebut disepakati atas pertimbangan kesehatan masyarakat. 

“Tentunya ini untuk kebaikan bersama agar aman dan terhindar dari penularan Covid-19, sehingga salat Idul Fitri di rumah saja lebih aman,” ucapnya. 

Senada, Kabag Kesra Kota Palu, Awaluddin, mengatakan, pihaknya sangat mendukung keputusan bersama tersebut. Ia mengatakan, kebijakan serupa juga diberlakukan terhadap agama lainnya dalam melaksanakan kegiatan rohani hanya boleh di rumah saja. 

“Hal ini juga berlaku bagi agama lainnya, seperti dari kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Budha, untuk tidak melaksanakan kegiatan rohani di rumah peribadatannya, namun juga di rumah saja sebagaimana salat dari masjid dialihkan sementara di rumah saja,” ucap Awaluddin. 

Sementara itu, Kapolres Palu, AKBP H Moch Sholeh, menyampaikan, pihaknya bersama dengan TNI ikut mendukung keputusab bersama tersebut. Pihaknya juga siap memantau situasi di lapangan serta mengimbau masyarakat agar taat terhadap keputusan tersebut. 

“Semoga wabah Covid-19 segera berakhir dan semua geliat kehidupan, perputaran roda ekonomi, pembangunan sendi sendi kehidupan serta interaksi sosial berjalan normal seperti sediakala,” kata Kapolres Moch Sholeh.HGA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed