oleh

Jas Cudi Ma’mun Berharap Sosialisai Politik Sejalan dengan Imbauan Pemerintah

SULTENG RAYA – Ketua Jaringan Sahabat (JAS) Rusdy Mastura – Ma’mun Amir (Cudi – Ma’mun), Liberti Nelloh berharap agenda Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tetap jadi fokus perhatian di tengah upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Bahwa saat ini jadwal tahapan Pilkada mengalami pergeseran akibat pandemi Covid-19, dan kemudian pemerintah melalui Perppu No. 2 Tahun 2020 menjadwalkan pemungutan suara serentak akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020,” ujar Liberti Nelloh.

“Namun apabila pemungutan suara serentak sebagaimana dimaksud pada Perppu No. 2 Tahun 2020 tidak dapat dilaksanakan, maka pemungutan suara serentak ditunda dan dijadwalkan kembali,” katanya melanjutkan.

Liberti Nelloh mengatakan, Pilkada serentak khususnya di Provinsi Sulteng merupakan hajatan demokrasi yang harus dipahami sebagai momentum pembuktian partisipasi masyarakat dalam rangka mewujudkan demokrasi lokal yang bermutu dan berkualitas.

Untuk itu, Liberti Nelloh berharap agar Pilkada dapat berlangsung secara terbuka, jujur dan adil sebagai syarat penting dan mendasar dari Pemilu yang berjalan demokratis. Sehingga setiap bentuk manipulasi, kecurangan, dan penggunaan cara-cara intimidatif dan ancaman, sangat tidak dibenarkan. Masyarakat harus memiliki kebebasan yang harus dijamin dan dihormati dalam menentukan pilihannya.

Liberti Nelloh juga berharap dalam situasi pembatasan interaksi sosial atau social distancing sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran atau penularan virus corona.

Maka para kandidat, Parpol maupun relawan pendukungnya agar jangan membuat gerakan politik yang memancing kerumunan orang banyak. Salah satu cara dalam melakukan sosialisasi politik adalah dengan memanfaatkan platform digital seperti media online dan media sosial. Karena penyampaian pesan dan informasi melalui platform digital sangat cepat dan efektif, serta sejalan dengan imbauan pemerintah. WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed