oleh

Hakim Minta PT ANA Bayar Rp50 Miliar

SULTENG RAYA – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Poso, akhirnya mengabulkan gugatan perdata yang diajukan oleh penggugat Bakri Dg Mangiri melaui tim kuasa hukumnya masing-masing, Abd. Manan Abbas, Fadli Husain, Hidayat Hasan serta Muhadjirin, Kamis (14/5/2020).

Adapun gugatan yang diajukan pihak Bakri Dg Mangiri ini, berupa objek lahan seluas 20 hektar yang berada di wilayah Desa Towara, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Maorowali Utara (Morut). Dimana lahan tersebut selama ini telah dikuasai oleh pihak PT Agro Nusa Abadi (PT ANA) selaku tergugat.

Majelis Hakim yang diketuai Suhendara Saputra didampingi hakim anggota M. Syafei dan Sakrani dalam amar putusannya, menilai bahwa penggugat memiliki bukti-bukti yang teramad valid baik berupa bukti dokumen maupun keterangan para saksi yang dihadirkan pada sidang-sidang sebelumnya.

Selanjutnya dalam amar putusanya, pihak Mejelis Hakim mengabulkan sebagian gugatan penggugat agar tergugat PT ANA membayar kepada penggugat sebesar Rp50 Miliar rupiah dari tuntutan sebelumnya yakni Rp100 Miliar rupiah.

Bahkan dalam putusan tersebut, pihak Majelis Hakim mempertegas, jika tergugat tidak membayar tuntutan yang telah dikabulkan pihak majelis, maka pihak tergugat diminta segera mengosongkan lahan seluas 20 hektar yang selama ini menjadi objek sengketa tersebut.

Diketahui, sengketa lahan antara penggugat yang nota benenya hanya masyarakat biasa melawan pihak perusahaan yang dikenal cukup bonavid ini, banyak menyita perhatian sejumlah kalangan, baik itu masyarakat pemerhati hukum maupun masyarakat awam yang awal skeptis kalau penggugat dapat memenangkan perkara tersebut. SYM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed