oleh

Bupati Touna Salurkan Ribuan Bansos Pangan

SULTENG RAYA – Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay menyalurkan paket bantuan sosial (Bansos) pangan kepada 1.994 kepala keluarga (KK) yang ada di tiga kecamatan, Jumat (15/5/2020) pagi.

Tiga kecamatan yang menjadi tempat penyaluran bantuan itu masing-masing, Kecamatan Ampana Tete, Kecamatan Ratolindo dan Kecamatan Ampana Kota.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Touna, Burhanudin Lahay mengatakan, bantuan ini disalurkan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, dan belum tersentuh oleh bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) dan bantuan sosial tunai (BST) melalui Anggaran APBN Kementerian Sosial.

“Ya, kami telah menganggarkan bantuan paket sosial pangan ini kepada 7.000an masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, didaerah ini melalui Anggaran APBD tahun 2020 sebesar Rp4 miliar,” katanya.

Dikatakannya, dalam data penerimaan paket Bansos pangan desa/kelurahan yang hari ini (Jumat pekan kemarin) diserahkan langsung oleh Bupati Mohammad Lahay melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tojo Una-Una, seluruhnya berjumlah 42 desa/kelurahan. 

“Untuk Kecamatan Ampana Tete sebanyak 993 KK, Kecamatan Ratolindo 547 KK dan Kecamatan Ampana Kota 454 KK. Dengan rician setiap kepala kekuarga (KK) penerima berupa bahan pokok yaitu beras 20 kg beras, 4 kg gula pasir, dan 2 kg minyak goreng serta 44 butir telur ayam,” jelas Burhanudin Lahay.

Sementara, Bupati Mohammad Lahay mengatakan, bantuan yang diserahkan ini merupakan bansos pangan yang dianggarkan melalui APBD tahun 2020.

“Bantuan ini diserahkan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 yang belum tersentuh bantuan BLT Dana Desa (DD), dan bantuan sosial tunai melalui Anggaran APBN Kementerian Sosial (Kemensos),” jelas Mohammad Lahay.

Bupati berpesan, agar bantuan ini segera disalurkan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat didaerah. “Penyaluran bantuan ribuan paket bahan pokok pangan ini dapat ditargetkan selesai sebelum lebaran,” ujarnya. 

Menurut Bupati, tidak sedikit masyarakatnya yang mengalami penurunan pendapatan cukup drastis akibat pandemi Covid-19. “Saya berharap, agar bansos pangan dan BLT Ďana Desa serta Bantuan Sosial Tunai (BST) yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh setiap penerima. Jangan ada rakyat kita yang terdampak pandemi Covid-19, terlewatkan bantuan,” harapnya. 

“Olehnya, saya menghimbau kepada seluruh masayarakat tetap berusaha dengan menjaga diri sendiri demi kita semua terhindar dari Covid-19. Semoga saja pandemi segera berhakhir, Alhamdulillah masyarakat kita belum ada yang positif virus corona,” tambahnya. BD

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed