oleh

Rektor: Utaman Kebutuhan dari Keinginan

SULTENG RAYA-Rektor Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Dr Umar Alatas, mengingatkan kepada seluruh civitas akademika Unisa Palu untuk menekan rasa keinginan dan memproritaskan kebutuhan.

Karena kebutuhan dan keinginan katanya sangat jauh berbeda, dimana  kebutuhan itu biasanya berdasarkan kepentingan lembaga dan mafaatnya dapat dirasakan oleh semua orang yang ada di dalam lembaga itu, sementara keinginan hanya dorongan dari nafsu dan manfaatnya hanya bisa dirasakan diri sendiri atau paling tidak sekelinter orang.

Untuk itu katanya, pola pikir untuk selalu mengedepankan keinginan harus bisa dirubah, sekalipun itu memang berat. Namun jika itu bisa dilakukan maka manfaatnya sangat besar untuk lembaga. “Kita harus selalu mengedepankan kepentingan lembaga, itu yang harus kita utamakan,”jelasnya pekan kemarin.

Di awal kepemimpinannya, salah satu perubahan demi kepentinga lembaga yang telah dilakukan adalah tidak lagi menjadikan rektor sebagai ketua senat, dalam arti kini rektornya telah dikontrol oleh senat. “Harus ada check and balances, dalam berlembaga itu memang harus seperti itu,”ungkap rektor.

Hal itu perlu dilakukan kata rektor, karena manusia itu adalah tempatnya salah dan hilaf, sehingga membutuhkan pengawasan dari orang lain. Jika ada pemimpin yang selalu merasa benar, maka pimpinan itu akan menjadi otoriter karena merasa benar terus, apa yang dikelaurkan itu adalah kebeneran, tidak ada check and balances.

“Jika itu sudah disadari bahwa manusia itu tempatnya salah dan hilaf, maka jangan merasa selalu kita itu sumber kebenaran, kita itu hanya disuru mencari kebenaran, karena kebenaran itu dari Tuhan,”jelasnya. ENG

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed