oleh

18 Ribu Hektar Sawah di Parmout Telah Diasuransikan

SULTENG RAYA – Sebanyak 18.126,25 hektar sawah di Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) telah diasuransikan melalui Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) oleh Asuransi Jasindo. Hebatnya lagi 86,48 persen realisasi AUTP di Sulawesi Tengah berasal dari Kabupaten Parmout.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Parmout, Nelson Metubun,SP mengatakan, melalui program asuransi itu para petani sangat diuntungkan karena usaha tani mereka telah dilindungi oleh asuransi sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi kegagalan panen akibat serangan hama penyakit atau faktor cuaca.

Kumala Digifest

“Alhamdulillah petani di Parigi Moutong telah dilindungi oleh Asuransi Usaha Tani Padi sehingga mengurangi beban pikiran mereka jika terjadi serangan hama penyakit dan faktor cuaca,” ujar Nelson melalui ponsel, Rabu (6/5/2020).

Baca Juga :   APBD Parmout 2021 Ditargetkan Rp1,4 Triliun Lebih

Nelson menjelaskan, AUTP adalah solusi jika terjadi kegagalan panen, dimana program Kementerian Pertanian ini pada prinsipnya memberikan perlindungan kepada petani khususnya menghadapi faktor ketidakpastian dalam berusaha tani. Karenanya kata Nelson Kabupaten Parmout sebagai sentra produksi beras di Sulawesi Tengah khususnya Dinas TPHP sangat menyadari konsekuensi jika terjadi hal-hal yang bisa mempengaruhi produksi padi terlebih ditengah kondisi pandemi virus Corona.

“Olehnya kami mendorong kelompok tani (poktan) agar mengikuti program AUTP yang dalam pelaksanaannya betul-betul menguntungkan petani. Karena selain petani dilindungi, premi asuransi yang dibayarkan oleh petani nilainya sangat kecil yakni hanya Rp36 ribu perhektar atau hanya sekitar enam sampai tujuh kilogram dari harga beras dengan klaim Rp6 juta per-hektar jika terjadi gagal panen,”jelas Nelson.

Baca Juga :   Voucher Sembako Ditukar di Alfamidi Dipastikan Hoax

Nelson menambahkan, pihaknya akan terus mendorong para petani yang belum terdaftar pada AUTN agar mengikuti program tersebut. Karena jika diprosentasekan baru sekitar 60 sampai 70 persen luas sawah di Parmout yang sudah ikut AUTP dari luasan fungsional 27 sampai 30 ribu hektar. AJI

Komentar

News Feed