oleh

Wabup Parmout Instruksikan Perbaiki Tanggul Jebol Akibat Banjir

SR Ads

SULTENG RAYA – Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong (Parmout), H Badrun Nggai,SE menginstruksikan pihak  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum  Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parmout untuk segera memperbaiki tanggul pembatas yang membatasi aliran sungai dengan area persawahan di Desa Tolai Kecamatan Torue. Instruksi itu disampaikannya ketika meninjau Desa Tolai yang diterjang banjir beberapa hari lalu. Akibat terjangan banjir itu menyebabkan terjadinya penumpukan material kayu dan sampah lainnya sehingga menutupi aliran sungai yang mengakibatkan air sungai meluap mengenangi rumah warga dan jalan Trans Sulawesi. Banjir bandang itu juga menyebabkan jebolnya tanggul pembatas aliran sungai dengan area persawahan sehingga mengakibatkan air menggenangi sawah milik warga.

Baca Juga :   Raperda Pembentukan dan Pengelolaan LPPRL Dikembalikan ke Pemda Parmout

Wabup Badrun meminta agar dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu segera bertindak melakukan perbaikan tanggul dan jaringan pintu air agar air bisa mengairi ke area persawahan.

“Saya perintahkan BPBD dan Dinas PUPRP segera memperbaiki tanggul dan jaringan pintu air yang jebol, agar air dapat mengalir dengan baik ke sawah-sawah milik warga,”ujarnya.

Kepada para petani Badrun meminta untuk bersabar karena pemerintah akan segera melakukan perbaikan agar para petani bisa bercocok tanam seperti  semula.

Dalam kunjungan itu Wabup Badrun juga menyemangati dan mengapresiasi para relawan dari  TNI, POLRI, BPBD, TAGANA dan masyarakat Desa Tolai yang bergotong royong membersihkan tumpukan material kayu dan sampah lainnya yang menutupi aliran sungai.

Baca Juga :   Fahriyanto: Masyarakat Harus Kawal Proses Pembentukan DOB di Parmout  

Dalam peninjaun itu, Wabup Badrun didampingi oleh Sekretaris BPBD Parmout, I Nyoman Adi Susmanta, ST, MSi, perwakilan Dinas PUPRP Parmout, perwakilan Pemerintah Kecamatan Torue, kades Tolai I made Gede Dipayana, kades Tolai Timur I Made Sukanto, Tagana, anggota TNI dan Polri. AJI

Komentar

News Feed