oleh

KPU Kota Palu Terapkan Work From Home

SULTENG RAYA – Untuk mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19, KPU Kota Palu menerapkan 10 mekanisme kerja di lingkungan kerjanya. Salah satunya adalah kerja di tempat tinggal atau work from home (WFH). Hal itu berdasarkan surat edaran (SE) KPU Kota Palu No. 4 tahun 2020 dan SE No.10 tahun 2020.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid mengatakan, SE tersebut berisi 10 mekanisme kerja di lingkungan KPU Kota Palu selama pandemi Covid-19.

Agussalim menyebut bahwa mekanisme tersebut diantaranya pengaturan kehadiran dan mekanisme kerja ketua, anggota dan pejabat administrator serta pejabat  pengawas tetap masuk dengan menyesuaikan waktu kecuali terdapat indikasi mengalami gangguan kesehatan. Kemudian, pelaksana serta pegawai non PNS masuk kantor diatur dengan sistem piket yang telah diatur. Pelaksana serta pegawai non PNS dalam keadaan mendesak dapat diminta untuk hadir ke kantor.

Baca Juga :   Antisipasi Penggunaan Narkoba, Personel SDM Polda Sulteng Dites Urine

“Kemudian ketentuan jam kantor adalah pukul 09.00 – 15.00,  perekaman data kehadiran dilakukan secara manual dan mekanisme kerja ditempat tinggal atau work from home (WFH),” ujar Agussalim.

Agussalim juga mengatakan, pegawai yang melaksanakan tugas di tempat tinggal, melaksanakan tugas sesuai dengan rencana kerja yang sudah disetujui oleh atasan lansung, mencatat aktivitas kerja dan melaporkan hasilnya setiap hari kepada atasan langsung secara berjenjang. Selanjutnya,mengaktifkan alat komunikasi seluler dan dilarang menonaktifkan. Kemudian tetap melakukan komunikasi dengan atasan langsung melalui media komunikasi melalui sarana teleconfrence dan/atau video conference dengan memanfaatkan sistem informasi dan komunikasi.

“Kemudian melaksanakan tugas dari tempat tinggal wajib memberikan data dan informasi yang dibutuhkan sesuai bidang tugas masing-masing,”katanya.

Baca Juga :   Palu Dicanangkan Jadi Smart City

Sementara itu, kata Agussalim, untuk PPK berdasarkan surat KPU RI Nomor 285 perihal tindak lanjut pelaksanaan tahapan pemilihan tahun 2020, KPU Kota Palu menunda segala aktivitas tahapan pemilihan yang dilaksanakan badan adhoc penyelenggara pemilihan tahun 2020. Kemudian KPU Kota Palu membuat surat keputusan untuk menunda masa kerja PPK dan sekretariat PPK tentang Penetapan dan Pengangkatan Anggota PPK dan sekretariat PPK untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2020.

Penerapan mekanisme kerja ditempat tinggal juga dibenarkan Komisioner KPU Kota Palu, Iskandar Lembah yang mengatakan bahwa selama pencegahan covid – 19, KPU Kota Palu akan melaksanakan pekerjaan di rumah,  namun harus standby jika dibutuhkan.  Sementara keberlangsungan kerja  PPK akan ditunda pada bulan April sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan, menunggu tahapan selanjutnya apabila kondisi sudah membaik.

Baca Juga :   BNNK Palu dan Wali Kota Perkuat Sinergitas Berantas Narkoba

“KPU Kota Palu melakukan aktivitas pekerjaan di rumah, namun jika ada hal yang penting tetap dilaksanakan di kantor. Bahkan rapat pleno pun, jika memungkinkan akan dilaksanakan lewat aplikasi WA zoom,”ujar Iskandar Lembah. WAN   

Komentar

News Feed