oleh

Erna: Jadikan Keluarga Benteng Pelindung dari Covid-19

SULTENG RAYA – Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng, Mari Ernawati, memandang keluarga dapat menjadi benteng pelindung masyarakat dari wabah virus corona alias Covid-19.

Konsep tersebut didasari atas 8 fungsi keluarga, meliputi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

“Fungsi agama misalnya, dapat mendorong seorang hamba jadi lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan ikut menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Karena hal itu (berih dan sehat) sebagian dari iman,” kata Erna, sapaan akrab Maria Ernawati, Ahad (29/3/2020).

Selanjtunya, kata dia, keluarga juga mesti bekerja sama dan membantu Pemerintah secara sosial dengan bertanggung jawab atas kesehatan para anggota keluarga, supaya tidak jadi perantara virus corona.

“Oleh karena itu, masyarakat diharap mampu melaksanakan social distancing secara disiplin demi melindungi diri dan keluarga,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga harus menjalankan etika batuk maupun bersin yang benar, yaitu menutupi hidung dan mulut dengan siku. Kemudian, menggunakan masker, menjaga tangan tetap bersih dengan mencuci pakai sabun serta berjemur di bawah matahari pagi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Dengan begitu, keluarga sebagai satuan terkecil masyarakat akan mampu menangkal penyebaran virus corona di Bumi Tadulako,” tuturnya.HGA

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed