oleh

Gandeng PDUI, Dinkes Luncurkan Aplikasi Cek Corona

SULTENG RAYA – Dalam rangka memudahkan masyarakat mengecek kondisi kesehatan terkait virus corona, Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sulteng menciptakan aplikasi bernama ‘cekcoronagratis’.

Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr Reny Lamadjido, mengatakan, aplikasi tersebut digunakan untuk deteksi awal bagi warga yang ingin mengecek kondisi kesehatannya terkait virus corona.

“Aplikasi ini berisi tentang pertanyaan seputar virus corona. Nantinya warga menjawab ya atau tidak. Nanti hasilnya apakah perlu pemeriksaan kesehatan atau tidak,” jelas dr Reny Lamadjido kepada Sulteng Raya, Senin (23/3/2020).

Salah satu tujuan aplikasi tersebut, agar warga tidak panik saat menghadapi pandemi virus corona. Apalagi, tidak berbondong-bondong ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya.

Baca Juga :   Bulan Depan KPKNL Palu Lelang Amal-Noneksekusi Sukarela

Sebab, kata dr Reny, jangan sampai membludaknya warga memeriksakan kesehatannya di rumah sakit dapat memicu penyebaran virus semakin cepat.

“Dengan adanya aplikasi ini, warga bisa mengetahui apakah perlu memeriksakan kesehatan atau tidak,” jelasnya.

Salah satu contoh dalam aplikasi tersebut, warga harus mengisi nama inisial. Kemudian ada beberapa pertanyaan yang diajukan, misalnya pernah kontak fisik dengan pasien corona atau tidak. Kemudian disusul dengan beberapa pertanyaan lainnya.

Apabila warga menjawab ya, jawab akhirnya warga harus segera memeriksakan kesehatan. Jika tidak, warga akan mendapat jawaban berupa saran untuk mencegah dari wabah virus tersebut.

Selain menggunakan sarana aplikasi,  Reny mengaku gencar melakukan sosialisasi dengan mengajak masyarakat agar mematuhi imbauan tentang mengurangi aktivitas di luar rumah dan tidak berkumpul dalam kerumunan. 

Baca Juga :   Lurah Palupi Bakal Sanksi Pelanggar Prokes

Hal tersebut sesuai Surat Edaran Gubernur Sulteng Nomor 443/141/Dis.Kes, tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan dan antisifasi penyebaran COVID-19 di Sulteng

“Mari kita sama sama bergandengan tangan melawan virus Corona. Patuhilah seluruh himbauan janganlah berkumpul, membuat acara dan tinggal di dalam rumah supaya bisa mempersempit penyebarannya,” ujarnya. RAF

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed