oleh

Bidang Perencanaan dan Pembangunan Daerah

SULTENG RAYA – Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu menyebutkan beberapa prestasi dan penghargaan yang diperoleh pada tingkat provinsi maupun nasional oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Poso di tahun 2019.

“Bidang perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Poso meraih predikat pertama terbaik di Sulteng dan peringkat ke-4 secara nasional,” kata Bupati Poso Darmin Sigilipu saat menyampaikan LKPJ di gedung DPRD Poso, Senin (9/3/2020).

Menurutnya, perolehan predikat terbaik pertama di Sulteng merupakan hasil penilaian Bappenas atas hasil pencapaian pembangunan daerah yang mengangkat inovasi lepas tangkap (Lengkap),  dalam kearifan lokal disebut Moronda.

“Inovasi ini mendukung prioritas ke-5 rencana kerja pemerintah pusat 2019 yaitu stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu,” jelasnya.

Baca Juga :   Unsimar Poso dan Untad Buka Pelatihan SKT dan SKA

Belum lagi di bidang kesehatan kata Bupati, bagi 24 Puskesmas, sudah terakreditasi dan mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI, merupakan kabupaten dengan kelulusan akreditasi terbaik di Sulteng.

Selain itu, Pemda Poso juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas keberhasilan menurunkan prevalensi schistosomiasis sebesar 0,11 persen pada manusia melalui inovasi ‘Gema Beraksi’ atau Gerakan Masyarakat Mandiri Berantas Keong Schistosomiasis atau dalam kearifan lokal disebut Mobago Schisto.

“Adapun untuk angka dan nilai nominal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah tahun anggran 2019 yang termuat dalam LKPJ didasarkan atas laporan realisasi anggaran per 31 Desember 2019 audit yang sampai berita ini diturunkan masih dilakukan audit oleh BPK RI Perwakilan Sulteng.

Baca Juga :   Unsimar Poso dan Untad Buka Pelatihan SKT dan SKA

Dalam laporan itu, dihadapan anggota DPRD Poso, Bupati meminta kepada seluruh komponen masyarakat dan semua pihak agar tetap terus menjaga serta mempertahankan situasi Kabupaten Poso yang kondusif sehingga pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman. SYM

 

Komentar

News Feed