oleh

Pansus Padagimo Minta Penjelasan BPBD dan Dinsos Sulteng

SULTENG RAYA – Panitia Khusus (Pansus) Padagimo DPRD Sulteng menggelar rapat kelima di ruangan Baruga DPRD Sulteng, Kamis (12/3/2020). Rapat yang dipimpin oleh Ketua Pansus Budi Luhur Larengi tersebut dihadiri oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng, Bartholomeus Tandigala dan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sulteng, Ansar.

Dalam rapat tersebut, sejumlah anggota Pansus mempertanyakan terkait perkembangan penanganan pascabencana di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong (Padagimo). Sekretaris Pansus, Wiwik Jumatul Rofi’ah mengatakan saat dirinya reses, keluhan warga masih seputaran Dana Stimulan, Jadup dan Huntap.

“Banyak masyarakat yang galau karena datanya hilang, olehnya kita perlu data dari kota dan kabupaten. Kemudian, banyak juga masyarakat yang pertanyakan terkait kriteria penerima jadup dan stimulan,”ujar Wiwik.

Baca Juga :   Polda Sulteng Salurkan 11.000 Paket Balasa

Selain itu,Wiwik juga mempertanyakan terkait perencanaan penangulangan bencana yang harusnya ada, sebagai bahan untuk melihat progres yang dilakukan oleh pihak BPBD.

Sementara itu,  anggota pansus lainnya, Aminullah BK mengusulkan agar Pansus DPRD Sulteng melakukan koordinasi dengan pansus yang ada di DPRD Kabupaten/Kota serta mempertanyakan terkait kinerja penanganan pascabencana sudah sampai dimana dan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan. Anggota Pansus Suryanto juga meminta agar harapan masyarakat yang terkena bencana untuk pemutihan utang, apakah masih bisa diperjuangkan atau tidak serta meminta penjelasan terkait perkembangan rehab rekon saat ini.

“Tujuan kita membentuk pansus ini untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat,”ujar Suryanto.

Sementara itu,  Kepala BPBD Sulteng, Bartholomeus Tandigala menjelaskan tentang perkembangan terkini penanganan bencana di Sulteng. Dia juga menjelaskan terkait Rumah Indah Sederhana Aman (RISA) yang disiapkan oleh BPBD Sulteng yang ditargetkan selesai pada Bulan Oktober 2019 akan tetapi sampai sekarang belum terealisasi. Untuk data Stimulan tahap kedua, kata Bartholomeus, sampai saat ini  belum ada dana yang turun.

Baca Juga :   Disperindag Sulteng Siap Memfasilitasi Ekspor Produk Jumlah Kecil

Selain itu, Kadis Sosial yang diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sulteng, Ansar menyampaikan terkait  data jadup dengan penyaluran dana bantuan masih disesuaikan antara data dari pusat dan daerah.

Selanjutnya rapat akan dilanjutkan kembali, Jumat (13/3/2020) hari ini pukul 09.00 Wita dengan agenda melakukan Rapat Internal Pansus Padagimo.*/WAN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed