oleh

Makna Kasih Sayang Sejati

SULTENG RAYA – Saat mendengar kata ‘kasih sayang’ tentu masing-masing individu memiliki pandangan berbeda dalam memaknainya. Sebagian orang, mungkin secara otomatis akan mengidentikkan ‘kasih sayang’ dengan valentine’s day yang dirayakan tiap 14 Februari.

Kata kasih sayang sering disalahartikan. Bahkan, tak jarang dijadikan alasan untuk melakukan perbuatan tak bermoral serta penyalur hawa nafsu semata.

Padahal Islam tidak pernah mengajarkannya. Hal inilah yang menjadi sorotan salah seorang Ustazah Kota Palu, Imas Robiatul Adawiyah. Dia menjelaskan, makna kasih sayang sejati adalah kasih sayang yang dasarnya agama dan sesuai syariat.

“Adapun kasih sayang yang tidak dilandasi agama itu bukanlah kasih sayang sejati,” kata Imas Robiatul Adawiyah kepada Sulteng Raya, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga :   Lurah Lasoani Ajak Warga Selalu Patuh Prokes

Apalagi jika menyangkutpautkan kasih sayang dengan perayaan valentine’s day itu sangat tidak dibenarkan dalam Islam.

Menurutnya, ketika seseorang mengungkapkan rasa sayang hanya pada saat valentine’s day maka bukan kasih sayang sejati.

“Mengungkap kasih sayang itu tidak dibatasi hari. Tidak juga hanya pada saat valentine’s day. Kalau dibatasi hari justru bukan sayang namanya,” jelasnya.

Menurutnya, Islam tidak pernah mengajarkan bahwa  menunjukkan kasih sayang harus memberikan bunga, cokelat atau melakukan maksiat. Terkait kasih sayang sejati atau cinta, Islam mengajarkan untuk mencintai Allah dan rasulnya lebih dari segala-galanya.

Bahkan Rasulullah bersabda, seseorang yang beriman, imannya sempurna apabila ia telah mencintaiku lebih dari keluarga, anak dan hartanya.

Baca Juga :   Kurma Khalas dan Golden Paling Dicari Masyarakat

Sementara itu, salah seorang tokoh Kristen, Pendeta (Pdt) Yurita Manantuada mengatakan, bagi umat Kristen,  merayakan valentine’s day bukan merupakan sebuah keharusan. Merayakan valentine’s day tidak diperintahkan oleh Allah dalam kebenaran firmannya. Olehnya, hal itu bukanlah sebuah kewajiban yang harus dirayakan.

“Sebenarnya berbicara tentang hari kasih sayang bagi orang Kristen tidak harus terikat pada hari tertentu dan bulan tertentu. Karena, yang tuhan mau adalah setiap anak-anaknya harus hidup saling mengasihi,” kata pendeta Yurita Manantuada kepada Sulteng Raya, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, orang Kristen wajib untuk hidup saling mengasihi. Bahkan kasih sayang harus dinyatakan kepada semua orang, agar kedamaian selalu tercipta diantara umat manusia.

Baca Juga :   BSI Area Palu Mulai Migrasi Rekening Eks BRIS-BNIS

“Bahkan yang firman tuhan ajarkan kepada kita, bukan saja orang yang kita cintai atau orang-orang yang ada disekitar kita yang kita sayangi.  Bahkan kepada orang yang memusuhi kita sekalipun harus kita kasihi,” kata dia. NDY/JAN

Komentar

News Feed