oleh

Sensus Penduduk Harus Menyentuh Masyarakat Terpencil

SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 yang akan dilaksanakan 15 Februari sampai dengan 31 Juli 2020.

Untuk sensus penduduk berbasis online dilaksanakan dimulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dan selanjutnya sensus secara wawancara oleh petugas sensus dimulai 1 Juli sampai dengan 31 Juli 2020.

Mengingat pentingnya sensus penduduk, Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, meminta Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng melakukan sensus kepada masyarakat yang ada di daerah terpencil.

“BPS harus terus melakukan upaya dan strategi dalam pelaksanaan sensus, khususnya untuk tahap wawancara kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, supaya mereka mau diwawancarai,” pintanya kepada Kepala BPS Sulteng, Dumanggar Hutauruk usai memaparkan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, di ruang kerja Gubernur Sulteng, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga :   Mobil Avanza Hangus Terbakar di SPBU Tondo

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 oleh BPS Sulteng melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sutleng dan Dinas Informasi dan Komunikasi (Diskominfo) Sulteng. 

Apabila pada pelaksanaannya menemui kendala, Gubernur Longki, meminta BPS terus berkoordinasi dengan Bupati dan Walikota. Sehingga, kendala yang ada dapat segera teratasi.

“Apalagi Sensus Penduduk 2020 baru pertama kali dilakukan online,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Sulteng, Dumanggar Hutauruk, berharap kepala daerah serta Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi yang pertama mengikuti tahapan sensus penduduk.

“Gubernur dan jajaran, bupati dan walokota serta jajaran ASN diharapkan menjadi spirit dan mentor untuk kesuksesan pelaksanaan Sensus Penduduk,” jelasnya.

Jika ini berhasil, petugas BPS akan menjadwalkan datang kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Terakhir, Dumanggar, meminta Gubernur Sulteng berkenan untuk melaunching pelaksanaan sensus pada Jumat (14/2/2020) hari ini di Kantor BPS Sulteng.

Baca Juga :   Tiba di Palu, Gubernur dan Wagub Sulteng Disambut Secara Adat

“Sekaligus Pak Gubernur berkenan melakukan pengisian data sensus Penduduk didepan Peserta Upacara Bulanan 17 Februari 2020,” pintanya. RAF

Komentar

News Feed