oleh

April, 577 Huntap Tondo Siap Dihuni

SULTENG RAYA – Yayasan Budha Tzu Chi terus memacu pengerjaan pembangunan hunian tetap (Huntap) di kawasan relokasi korban bencana di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, Singgih B Prasetyo, mengatakan, pihak Yayasan Budha Tzu Chi menargetkan 557 unit Huntap siap dihuni pada akhir April 2020 mendatang.  

“Khusus untuk Huntap Yayasan Budha Tzu Chi sejumlah 577, insyaallah 21 April 2020 sudah bisa ditempati. Bahkan kabar tebaru, Yayasan Bunda Tzu Chi sudah akan mengundi sekitar 500 nomor Huntap tahap kedua yang akan dilakukan pekan depan,” kata Singgih kepada sejumlah wartawan di ruang Asisten Administrasi Perekonomian Setda Kota Palu, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga :   April Panen Raya, Bulog Sulteng Siap Serap Beras Petani

Selain upaya percepatan relokasi korban bencana ke Huntap, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui BPBD Kota Palu juga sedang menyalurkan dana stimulan tahap II untuk rumah rusak berat, sedang dan ringan.

BPBD Kota Palu menargetkan penyaluran stimulan tahap II dalam sepekan bisa mencapai 1.000 rumah. Memasuki pertengahan Februari 2020, sekitar 598 kepala keluarga (KK) sudah membuka rekening bank dan selanjutnya nama-nama penerima bakal diajukan ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palu untuk proses pencairan dananya.

“Seperti diketahui, rumah rusak berat mendapatkan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta dan rusak ringan Rp10 juta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (BPKP) Kota Palu Zulkifli meminta warga Kota Palu turut mendukung percepatan pembangunan Huntap maupun penyaluran dana stimulant, agar sebelum Ramadhan penyintas bencnaa bisa menempati tempat tinggal baru.

Baca Juga :   Hadiri Deklarasi Janji Kinerja, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Dorong UPT PAS Wujudkan WBK dan WBBM

“Pemerintah dan pihak lain termasuk masyarakat perlu kerja sama mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi yang sedang berlangsung,” ucap Zulkifli.NDY/ANT

Komentar

News Feed